Penanganan Luka Tepat, Penyembuhan Lebih Cepat

Hai, Smart Ladies!

Aktivitas sehari- hari sering  membuat kita atau anggota keluarga terluka. Terjatuh, teriris pisau,  atau  memar  adalah  insiden yang kadang membuat kita kerepotan, apalagi jika yang mengalaminya adalah si kecil. Tangisannya yang berisik. Membuat kita semakin gugup menghadapinya.

 Jika si kecil mengalami insiden yang membuatnya terluka usahakan kita tetap tenang, agar bisa berfikir jernih dan mengambil tindakan yang tepat.

1. Menangani Luka

 Hal pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan luka. Luka sekecil apa pun harus di bersihkan, Ladies. Agar tidak terjadi infeksi. Bersihkan luka dengan air mengalir. Gunakan tekanan air sedang dan pastikan bahwa kotoran yang menempel pada luka hilang, sebaiknya saat membersihkan luka kita tidak menggunakan cairan yang mengandung alkohol. Jadi, hanya menggunakan air, ya, Ladies.

Setelah itu barulah kita boleh membubuhkan obat luka, Ladies. Luka sekecil apa pun sebaiknya di tutup untuk memastikan luka tidak ditempeli kuman atau bakteri. Selain itu, menutup luka membuat kulit di sekitar luka tetap lembab, kondisi ini membuat luka kita cepat sembuh.

Jika kita pernah mendengar bahwa luka yang dibiarkan terbuka akan lebih cepat sembuh, itu adalah informasi yang salah, Smart Ladies. Selain menjaga kulit di sekitar luka tetap lembab, fungsi plester untuk melindungi luka dari benturan dan gesekan yang membuat luka kembali berdarah.

2. Menangani Memar dan Luka Bakar Ringan

Memar adalah perubahan warna kulit yang disertai nyeri. Biasanya di sebabkan oleh benturan yang menyebabkan pecahnya pembuluh kapiler di bawah kulit. Itulah yang menyebabkan perubahan warna kulit, cara menangani memar ini cukup sederhana yaitu dengan cara mengompres luka dengan air es agar pendarahan di bawah kulitnya terhenti.

 Ketika mengalami  luka bakar ringan di dapur. Pertolongan pertamanya adalah berusaha mendinginkan kulit dengan air mengalir selama dua puluh atau tiga puluh menit, jangan mengoleskan minyak margarin atau semacamnya, yang akan membuat kulit sekitar luka bakar keras ketika mengering. Kita juga tidak disarankan menyayat gelembung  lukanya, Smart Ladies.

So, jangan panik saat mengalami kecelakaan kecil. Dengan tahu cara penanganan yang tepat maka kita akan terhindar dari infeksi dan luka yang lebih parah akibat salah penanganan. Semoga bermanfaat, ya, Ladies.

 

 

 

 

 

 

Related posts

Leave a Comment