Masakan Keasinan? Jangan Panik, Ini Cara Mengatasinya!

Hai, Smart Ladies!

Sebagai perempuan, tentu Ladies sudah akrab dengan kegiatan memasak. Memasak adalah hal rutin yang dilakukan setiap hari, terutama oleh para ibu. Meski sudah terbiasa melakukannya, jika sedang kehilangan konsentrasi, masakan yang diolah bisa jadi keasinan karena terlalu banyak garam.

Keasinan bukan hanya disebabkan oleh kebanyakan garam, tetapi bisa juga karena bahan yang digunakan memang sudah asin. Jika itu terjadi, Ladies jangan panik atau malah membuang masakan tersebut. Ada banyak cara menyiasati makanan keasinan. Yuk, simak beberapa cara berikut ini.

1. Tambahkan Gula

Gula pasir menjadi salah satu alternatif mengatasi masakan keasinan. Namun, jangan terlalu banyak memasukkannya, nanti malah kemanisan. Masukkan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk, jangan lupa cicipi sampai rasanya pas.

sumber: citraindonesia.com

2. Tambahkan Air

Jika Ladies memasak sayuran berkuah atau tumisan, tambahkan air untuk mengatasi masakan keasinan. Fungsinya agar rasa asin dapat menyebar dan menjadi netral kembali. Namun, jangan membiarkan air meresap sampai hampir habis karena akan membuat masakan terasa lebih asin. Dengan menambah air, tentu masakan akan lebih berkuah dibanding sebelumnya.

Sumber: pinterest

3. Menambah Santan

Jika masakan yang keasinan mengandung santan, Ladies bisa menambahkan sedikit santan untuk menetralisirnya. Tambahkan sedikit demi sedikit sampai rasanya pas di lidah. Santan cenderung memberi rasa gurih.

Sumber: pinterest

4. Tambahkan Kentang

Kentang merupakan bahan makanan yang memiliki reaksi cepat dalam menyerap rasa asin. Ladies dapat mempergunakannya sebagai bahan penetralisir rasa asin pada masakan. Saat masakan mendidih dan matang, masukkan potongan kentang, kemudian tutup dan biarkan sebentar.

sumber pinterest

5. Potongan Tomat Segar

Selain mengatasi keasinan, menambahkan potongan tomat juga akan menambah citarasa masakan.

Pixabay

6. Hidangkan Bersama Nasi

Masakan yang asin akan lebih terasa saat dimakan begitu saja. Pastikan memakannya bersama nasi, dengan begitu masakan tidak terlalu terasa asin.

Sumber: pinterest

7. Tambahkan Bahan Lain

Alternatif lain untuk mengatasi keasinan adalah menambahkan bahan lain yang tersisa. Misalnya, untuk tumisan bisa tambahkan kol, jagung muda, atau bahan lainnya.

Memang sih, dengan cara ini masakan akan menjadi lebih banyak. Selain itu, penambahan bahan di tengah proses memasak bisa merusak tekstur bahan yang yang lebih dulu dimasak. Namun, masakan terselamatkan dan tidak terbuang sia-sia.

Nah, itulah beberapa cara menyelamatkan masakan yang terlanjur keasinan. Ladies bisa mencoba salah satu tips di atas. Semoga masakannya tidak keasinan lagi, ya.

Related posts

Leave a Comment