Ladies Wajib Tahu! Ini Perbedaan Kucing Angora dan Persia

Halo, Smart Ladies! 

Kucing angora dan persia adalah kucing yang paling sering diminati di Indonesia dan juga seluruh dunia. Buat orang yang kurang paham tentang kucing, jika ditanya
“Ini kucing apa?” pasti akan menjawab kucing angora atau Persia.

Kedua jenis kucing tersebut sama-sama mempunyai bulu yang indah dan panjang. Sifatnya yang lucu juga membuat orang-orang mudah tertarik.

Bagi pecinta kucing bukan hal sulit mengetahui perbedaan mana kucing anggora atau Persia, tapi berbeda dengan orang awam yang belum mengetahui lebih lanjut kedua ras kucing tersebut.

Nah, mari kita kupas seperti apa bedanya!

1.Daerah Asal

Sumber: pixabay.com

Untuk kucing persia yang termasuk ras kucing berbulu panjang ini berasal dari Persia (sekarang Iran). Pertama kali diperkenalkan di negara Italia sekitar tahun 1620an hingga akhirnya terkenal sampai ke Indonesia.

Sedangkan kucing angora merupakan salah satu ras paling tua dari kucing, berasal dari daerah Ankara (Angora), Turki yang konon katanya dikenal sejak tahun 1600an.

2. Bentuk Wajah

Sumber: betterlifeinfo.com

Bentuk wajah kucing Persia cukup bulat, dengan hidung pesek (pada Persia Peaknose) atau tidak terlalu mancung (untuk kucing Persia Medium). Jika kita memperhatikan bagian samping dari kucing ini, hidung, dahi dan dagu terlihat datar. Bentuk dan warna mata kucing persia lebih bervariasi dibanding kucing angora.

Kucing angora seperti kucing kampung atau lokal, bentuknya sedikit segitiga dengan hidung sedikit mancung. Sedangkan bentuk telinga cenderung runcing dan panjang.

3. Ciri-Ciri Tubuh

Sumber gambar: dunia kucing

Kucing Persia terlihat lebih gemuk bulat daripada kucing angora. Badannya pun tidak setinggi kucing angora karena bentuk kakinya pendek. Namun, kokoh besar dengan cakar yang membulat.

Ukuran tubuh kucing angora bisa dibilang ideal. Terlihat langsung dari ototnya tidak menonjol. Dia juga terlihat lebih tinggi.

4. Bulu dan Ekor

Sumber gambar: kucing pedia

Semua jenis kucing, kecuali yang berjenis Sphinx, lazimnya memiliki bulu yang menyelimuti hampir semua bagian tubuh. Dari bulu ini kita bisa dengan mudah membedakan jenis kucing.

Kucing persia berbulu tebal. Wajah, leher, hingga ekor ditutupi oleh bulu, khususnya kucing persia berdarah murni.

Kucing angora umumnya, bulunya tebal, tetapi tidak setebal kucing Persia, hanya sedikit lebih tebal daripada kucing lokal. Namun, kucing angora memiliki bulu paling panjang dan tebal di bagian ekor seperti ekor musang.

5. Kepribadian 

Sumber gambar: tips kucing

Sifat kucing persia lebih kalem, penurut, sedikit malas, dan manja. Berbeda dengan kucing angora yang umumnya sangat aktif, energik, senang bermain, dan juga penurut. Kucing angora cukup cerdas, suka berinterkasi dengan manusia, mudah dilatih, punya rasa ingin tahu tinggi, mudah beradaptasi, dan ramah terhadap hewan lain.

Mau kucing Anggora atau Persia semua sesuai selera kita masing-masing. Intinya, kedua jenis kucing ini sama-sama lucu.

Related posts

Leave a Comment