4 Resep Nenek Moyang Agar Daun Pepaya Tidak Pahit Saat Dikonsumsi

Hai, Smart Ladies!

Daun pepaya terkenal dengan rasanya yang pahit. Rasa pahit ini disebabkan kandungan alkaloid karpanin. Walaupun memiliki rasa yang pahit daun pepaya mengandung vitamin dan unsur yang bermanfaat bagi tubuh di antaranya, A, B1, C, Tocophenol, enzim papan, senyawa Fenolik, Khimoprotein, dan lisozim.
Daun pepaya bermanfaat untuk kesehatan dan perawatan kecantikkan, di antaranya, menghilangkan jerawat, membantu melancarkan ASI, mengatasi demam berdarah, melindungi tubuh dari risiko kanker, membantu meningkatkan napsu makan, dan lain-lain.
Namun, karena daun pepaya memiliki rasa yang pahit, banyak yang enggan untuk mengonsumsi daun ini. Tapi jangan khawatir Ladies, ada empat resep dari nenek moyang yang dapat menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya. Penasaran? Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

1. Menggunakan Tanah Liat

Masyarakat Wonosobo sering menggunakan tanah liat untuk menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya. Caranya mudah, campur tanah liat pada saat merebus daun pepaya. Setelah daun pepaya empuk, cuci hingga bersih. Daun pepaya tidak pahit lagi rasanya karena zat penyebab pahit sudah diserap oleh tanah liat tersebut.

2. Menggunakan Daun Jambu Biji

Siapkan beberapa lembar daun jambu biji. Rebus daun pepaya dan daun jambu hingga mendidih. Tiriskan kemudian ulangi langkah di atas sekali lagi. Setelah mendidih pisahkan kedua daun tersebut. Daun pepaya siap dikonsumsi.

3. Garam

Garam yang digunakan adalah garam dapur yang berbentuk kasar. Remas-remas daun pepaya hingga layu dan diamkan beberapa saat. Kemudian cuci bersih daun pepaya, lalu rebus dengan menambahkan garam pada air rebusannya. Rebus agak lama, ya. Setelah itu, cuci kembali daun pepaya dengan air bersin. Daun pepaya siap diolah dan dikonsumsi

4. Daun Singkong

Caranya, rebus daun singkong bersama daun pepaya hingga mendidih, lalu cuci bersih dan pisahkan. Ladies juga bisa mencoba dengan tidak memisahkan daun singkong dengan daun pepaya. Rasakan sensasi yang berbeda.

Demikian empat resep nenek moyang yang dapat dipakai untuk menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya. Daun pepaya yang tidak pahit lagi dapat diolah menjadi oseng-oseng atau dimakan sebagai lalapan dengan sambal terasi. Dijamin akan menimbulkan selera makan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Comment