Rasakan 9 Manfaat Air Putih saat Meminumnya Tepat Waktu

Halo, Smart Ladies!

Manfaat air sangat banyak bagi tubuh. Air bisa membuat rambut lebih bersinar, mengencangkan kulit, menurunkan berat badan, melancarkan pencernaan, dan  mengurangi lelah. Minum air putih merupakan kebiasaan yang kita lakukan untuk memenuhi kebutuhan dasar tubuh. Sebagaimana saran dokter, kita harus minum air putih minimal 8 gelas setiap hari. Dikutip dari Health Exchange, untuk lebih memaksimalkan khasiatnya, air putih sebaiknya diminum pada waktu yang tepat, yaitu:

1. Setelah Bangun Tidur

Minum satu gelas air setelah bangun tidur akan membantu mengaktifkan organ-organ internal tubuh. Minum air sebelum makan pagi saat perut kosong juga membantu mendetoks racun dari dalam tubuh.

2. Sebelum Makan

Minumlah segelas air putih 30 menit sebelum makan untuk membantu lambung mencerna makanan dan menyerap nutrisi. Manfaat lainnya adalah membantu mengurangi rasa lapar dan membantu usus mencerna makanan lebih baik. Sebaliknya, hindari minum air putih saat makan atau sesaat setelah makan. Hal ini kurang efektif karena dapat melemahkan saluran pencernaan.

3. Sebelum Mandi

Minum segelas air sebelum mandi dapat membantu menurunkan tekanan darah.

4. Sebelum Tidur

Minum satu gelas air satu jam sebelum tidur bertujuan untuk membekali tubuh dengan cairan sehingga terhindar dari dehidrasi pada malam hari.

5. Saat Lapar

Minum air  bisa mengurangi rasa lapar dan terhindar dari camilan kurang sehat yang bisa menambah berat badan. Setelah minum, tunggulah 10 menit. Bila masih lapar, silakan makan.
Jika merasa haus saat makan, Ladies dapat mengganti minuman dengan yogurt. Alasannya, hal itu  membuat pencernaan bekerja lebih baik.

6. Saat Lelah

Otak kita terdiri dari 75% air. Minum air putih membuat otak bekerja lebih baik. Minumlah segelas air putih saat Ladies merasa lelah karena bekerja untuk mengembalikan fokus.

7. Sebelum Tengah Hari

Perbanyak minum air putih sebelum tengah hari. Minum air putih secukupnya di sore hari agar membuat tidur tidak terganggu karena ingin buang air kecil. Minumlah banyak air putih saat pagi dan siang hari, sehingga di malam hari, organ tubuh tidak kekurangan air. Selain itu, juga bisa membantu Ladies mengurangi rasa lelah keesokan harinya

8. Sebelum dan Setelah Berolahraga

Minum air sebelum berolahraga diperlukan tubuh untuk mengangkut nutrisi ke otot. Hal ini juga penting untuk menghindari dehidrasi saat kita meregangkan otot-otot. Setelah berolah raga minumlah air putih lagi untuk mencegah rasa lelah.

9. Saat Hamil dan Menyusui atau Sakit

Minum air putih saat sakit membantu tubuh untuk menyembuhkan diri. Wanita hamil dan menyusui membutuhkan air lebih banyak, sekitar 10 gelas per hari.

Air putih sangat besar khasiatnya yaitu mengurangi rasa lelah, dehidrasi, dan kesulitan BAB. Untuk memberi variasi rasa, tambahkan irisan buah lemon, apel, jeruk, nenas, atau lainnya. Minum air putih pada waktunya harus menjadi suatu kebiasaan dan gaya hidup sehat untuk kesehatan jangka panjang. Pada mulanya, Ladies mungkin memerlukan penyesuaian  untuk minum air putih dengan cara yang lebih efektif.

 








 

 

 

Related posts

Leave a Comment