Inilah 9 Cara Memanfaatkan Khasiat Hebat dari Garam untuk Kulit yang Sehat

Hai, Smart Ladies!

Garam adalah bahan alami yang terbentuk dari pengristalan air laut yang terkena paparan sinar matahari. Harganya murah dan mudah didapat, sehingga sering dianggap remeh. Di balik risiko mengonsumsinya secara berlebihan terutama bagi pengidap penyakit darah tinggi, ternyata garam memiliki banyak khasiat bagi kesehatan kulit kita. Tak heran, kini banyak tempat perawatan spa di seluruh dunia menyediakan terapi garam untuk meremajakan dan memelihara cahaya alami kulit.


Garam laut mengandung mineral sangat tinggi, seperti kalium, magnesium, kalsium, dan antiinflamasi yang sangat diperlukan bagi kesehatan kulit kita. Berikut ini cara memanfaatkan garam untuk mengatasi masalah kulit:


1. Mencerahkan Kulit

Garam dapat mencerahkan kulit secara alami, menghilangkan kotoran, dan meregenerasi sel-sel kulit mati. Caranya, buatlah pasta dengan mencampur garam dan air dengan perbandingan 2:1. Oleskan pasta pada wajah, biarkan sekitar 30 detik, kemudian bilas dengan air.

2. Mengatasi Ruam Kulit

Garam mengandung magnesium sulfat, sehingga baik untuk mengobati gatal-gatal dan menyejukkan kulit. Caranya, campurkan segelas air panas dan garam pada wadah, biarkan dingin, kemudian bekukan dalam kulkas. Setelah dingin, oleskan campuran tersebut pada bagian kulit yang gatal, biarkan selama 30 menit.

3. Mengobati Jamur Kulit

Kandungan anti bakteri pada garam dapat menyingkirkan jamur kulit secara permanen. Caranya, campurkan setengah gelas baking soda dan garam ke dalam air mandi. Siram tubuh dengan air tersebut, lihat dampaknya setelah beberapa kali penggunaan.

4. Mengobati Infeksi Kulit

Infeksi kulit dapat terjadi karena banyak penyebab. Saat baru terjadi infeksi, segera lakukan perawatan dengan garam. Sifat anti inflamasi garam sangat baik untuk mengobati infeksi kulit. Masukkan dua sendok teh garam ke dalam air hangat dan gunakan kain bersih untuk mengusapkannya pada kulit yang terinfeksi.

5. Membersihkan Kulit

Sebagai pembersih alami kulit, garam membersihkan pori-pori serta mengurangi produksi minyak. Caranya, larutkan dua sendok teh garam dalam air hangat. Setelah larut, gunakan campuran itu sebagai face mist.

6. Sebagai Scrub Wajah

Garam dapat menyingkirkan sel-sel kulit mati dan menyegarkan kulit. Caranya, campurkan setengah gelas garam dengan seperempat sendok perasan lidah buaya dan tambahkan minyak esensial pilihan, misalnya minyak lavender. Gunakan campuran ini sebagai scrub alami pada wajah dengan cara melakukan gerakan melingkar untuk menyingkirkan sel-sel mati secara perlahan.

7. Merelaksasi Tubuh

Garam sangat berkhasiat.untuk menenangkan tubuh secara alami. Cara penggunaannya sangat mudah. Campurkan sepertiga gelas garam dengan air hangat, biarkan larut dan gunakan saat mandi. Air garam hangat ini dapat menenangkan dan merelaksasi kulit.

8. Menghaluskan Kulit

Selain mengangkat kulit mati, garam juga dapat melembutkan kulit. Siapkan seperempat sendok makan garam campur dengan setengah sendok minyak zaitun dan kelapa. Setelah menjadi pasta, oleskan pada wajah dengan lembut.

9. Mengatasi Jerawat

Khasiat air garam membantu kita mengatasi masalah jerawat secara efektif dan cepat. Caranya, masukkan satu sendok makan garam ke dalam segelas air, aduk hingga larut. Ambil kapas, celup, dan aplikasikan pada area berjerawat. Biarkan kering dan bilas dengan air biasa.

Khasiat garam sangat luar biasa. Ladies dapat mencoba menerapkannya di rumah dan menjadikan terapi garam sebagai cara alami mengatasi gangguan pada kulit. Semuanya dapat Ladies manfaatkan dengan cara yang lebih mudah, murah, dan berkhasiat.

Related posts

Leave a Comment