Doodle Art Lebih dari Sekadar Corat-coret, Ini Manfaatnya!

Hai, Smart Ladies!

Doodle artinya mencoret. Doodle art termasuk jenis freehand art, yaitu seni yang dibuat secara bebas tanpa adanya aturan baku, tetapi mempunyai makna tertentu. Seni tersebut menggambarkan suasana hati pembuatnya. Doodle mudah dilakukan oleh tiap orang tanpa proses berpikir. Media yang digunakan untuk mencoret adalah kertas, pulpen, dan pensil. Kegiatan mencoret itu disebut  doodling. Orang yang melakukan doodling disebut doodler.

Doodle art tak sekadar corat-coret, terkadang tidak memiliki bentuk yang beraturan, terkesan semrawut, tetapi terlihat unik dan menarik. Gaya doodle art ini banyak digunakan sebagai salah satu elemen dalam desain grafis, baliho-baliho, dan iklan handphone serta TV.  Melalui unsur doodle art, pesan yang disampaikan dalam karya lebih  bersahabat, santai, dan manusiawi. Ada pun manfaat- manfaat yang diperoleh dari doodling adalah sebagai berikut.


1.Meningkatkan Konsentrasi

Kita berpendapat bahwa doodler sedang melamun saat mereka mencorat-coret kertasnya. Ternyata, tindakan corat-coret itu dapat meningkatkan kerja otak. Terbukti bahwa tindakan corat-coret, seperti menggambar bentuk dan simbol, memaksa pikiran untuk fokus. Riset yang dilakukan tahun 2009 membuktikan bahwa orang yang menerima panggilan telepon sambil mencorat-coret kertas mampu menangkap informasi 29% lebih baik daripada mereka yang hanya mencatat biasa. Kesimpulannya, doodling tidak hanya meningkatkan kecerdasaan otak, tetapi juga meningkatkan konsentrasi.


2. Menciptakan Pemikiran Positif

Kegiatan doodling bersifat artistik dan menyenangkan sehingga saat melakukannya timbul rasa senang, pikiran positif, ide segar, dan menarik. Karena doddling menyenangkan, semua pikiran negatif  tersingkir oleh setiap emosi positif yang timbul.



3. Mengasah Kreativitas

Ketika mengerjakan doodling, seseorang cenderung merenung dan biasanya hasilnya berupa kreativitas baru yang unik. Kegiatan doodling merupakan cara yang cukup efektif  menjadikan Ladies lebih kreatif walaupun tidak secara langsung. Jadi, saat orang melakukan doodling, ia akan menemukan sebuah jalan baru untuk berkreasi.


4. Memicu Produktivitas

Doodling adalah  kegiatan seni yang dapat menjadikan hati merasa senang dan pikiran menjadi lebih fokus. Saat fokus, seseorang cenderung lebih produktif dalam hidupnya.


5. Mengatasi Stres

Mutia Ribow, S.Ds., M.A.’ mengatakan bahwa doodling bisa menjadi salah satu cara terapi pada orang dewasa untuk mengetahui masalah seseorang yang sedang mengalami stres. Selain itu, doodling juga akan membantu kinerja Ladies dan membuat rileks.


6. Melatih Imajinasi 

Orang yang melakukan doddling akan merenungkan apa yang akan dituangkan pada kertas. Tentunya, ia akan mencoretkan sesuatu sesuai dengan apa yang ada dalam imajinasinya, misalnya satwa, flora, persawahan, hutan, pedesaan, dan lainnya.

Untuk dapat berkarya dan berkreativitas dalam seni, cobalah doddle art. Dalam melakukan doodle art tidak dibutuhkan kertas  khusus seperti kanvas. Bungkus nasi, kertas bekas atau jenis kertas lainnya bisa menjadi media. Ladies bebas memilih media dan peralatan serta gaya untuk melakukan doodling. Ladies akan dapat menikmati seni doddle sekaligus mendapatkan manfaatnya untuk mental. Silahkan mencoba, share hasilnya ya!

Related posts

Leave a Comment