Bahaya di Balik Posisi “W” Sitting pada Buah Hati

Sering memperhatikan saat buah hati atau anak kecil lainnya duduk di lantai, Smart Ladies? Kebanyakan, anak di bawah usia 6 tahun duduk dengan “W” sitting position. Posisi duduk “W” merupakan posisi duduk dengan lutut tertekuk dan kedua telapak kaki mengarah keluar.


Biasanya, posisi ini dilakukan oleh anak usia 4 hingga 6 tahun dan akan hilang dengan sendirinya saat mencapai usia 8 tahun. Namun, di sebagian kasus, akan berlangsung hingga anak beranjak dewasa.


Alasan di Balik Duduk Posisi “W”

Posisi duduk “W” merupakan posisi duduk ternyaman dan paling mudah bagi anak-anak. Duduk dengan posisi ini membuat anak merasa stabil dan seimbang untuk bergerak. Namun, posisi duduk “W” ternyata juga merupakan indikasi adanya kelemahan pada otot batang tubuh dan panggul.


Efek Duduk dengan Posisi “W”

Walau terkesan biasa ternyata, duduk dengan posisi ini mempunyai efek berbahaya. Terlalu sering duduk dengan posisi “W” bisa merusak postur tubuh sehingga pertumbuhan akan terganggu. Posisi ini juga berpotensi mengakibatkan kaki mengarah ke dalam saat berjalan atau toeing in.


Dampak lainnya, keseimbangan anak akan terganggu, pertumbuhan fisiologis panggul tidak sempurna, batang tubuh tak mampu berputar bebas, mudah terkena sakit punggung, serta kemampuan motorik halus juga akan mengalami gangguan.


Cegah Anak Duduk Posisi “W”

Mengingat dampak dan akibat yang ditimbulkan oleh posisi duduk ini, cegah anak untuk melakukannya. Menghentikan sebuah kebiasaan tidak bisa langsung, ya, Smart Ladies. Sabar dan konsisten adalah kunci suksesnya.

Saat anak duduk dengan posisi ini, jangan bosan mengingatkan agar mengubahnya. Ganti posisi duduk “W” dengan duduk bersila. Sebagai orang tua, jadilah role model terbaik untuk buah hati. Hindari memberi contoh yang salah agar pembiasaan pada anak lebih mudah.


Lebih baik membiasakan anak menghindari posisi duduk “W”. Hal ini disebabkan karena efeknya akan sangat menganggu pertumbuhan fisik dan kesehatan anak. Bila telah melakukan segala cara, tetapi anak masih tetap duduk dengan posisi “W”, atau anak kesusahan duduk dengan posisi yang lain, segera periksakan ke dokter.

Hal ini untuk menghindari adanya kelainan otot maupun tulang panggul. Lebih baik, teliti sekarang dan cegah sebelum terjadi karena akibatnya bisa merugikan si kecil, ya, Smart Ladies.

 

Sumber gambar: hellosehat.com

Related posts

Leave a Comment