Ajari Anak 5 Kebiasaan Baik agar Memiliki Kepribadian Hebat

Hai, Smart Ladies!

Memiliki anak hebat adalah impian setiap orang tua. Bukan hanya bisa mendapat nilai yang baik di sekolah, tetapi juga mempunyai kecerdasan emosi serta memiliki kepekaan terhadap lingkungan sekitarnya.

Membentuk kepribadian anak bukanlah hal yang mudah, Ladies. Hal pertama yang harus kita lakukan adalah memberi contoh yang baik. Dengan begitu anak mempunyai role model yang baik yaitu orang tuanya.

Ada beberapa kebiasaan yang harus diajarkan orang tua kepada anak sejak dini, di antaranya:

1. Meminta Maaf dan Berterima Kasih

Dua kata kunci yang terdengar sederhana ternyata akan membetuk karakter si kecil  menjadi anak hebat, Smart Ladies. Kebiasaan meminta maaf akan membuat si kecil berani mengakui kesalahan dan siap sedia menerima segala konsekuensi dari kesalahannya. Berterima kasih akan membuat dia belajar cara menghargai orang lain yang telah berbuat baik kepadanya.

2. Menghargai Waktu

 Mengajari anak tentang pembagian waktu sederhana akan membentuk pribadi yang disiplin. Kebiasaan itu akan terbawa sampai dewasa. Contoh kecil mengajarkan waktu sholat, belajar, dan membatasi dalam bermain gadget. Awalnya, mungkin dia akan berontak tetapi jika kita konsisten menerapkannya. Kebiasaan itu akan tertanam perlahan-lahan, Ladies.

3. Menabung

Mengajarkan si kecil untuk menyisihkan uang jajan akan membuat mereka menghargai uang, Ladies. Pada akhirnya, mereka akan belajar bersabar juga karena saat mengiginkan sesuatu dia harus menunggu sampai uangnya mencukupi. Hebat, bukan, Smart Ladies.


4. Berbagi

Berbagi pada sesama adalah ajaran yang juga tidak boleh diabaikan, Ladies. Misalnya dengan meminta dia memisahkan baju yang sudah tidak terpakai untuk di berikan kepada anak-anak yatim atau bisa juga diberikan pada saudara terdekat yang membutuhkan. Dengan begitu, kepekaan sosialnya akan tumbuh.

5. Menerima Kegagalan.

Mengajari dia untuk menerima kegagalan akan membuat si kecil mempunyai hati yang tegar. Rangkullah dia saat sedang kecewa dan merasa gagal.  Di hari lain, bangkitkan kembali semangat juangnya untuk mencapai hasil terbaik.

Memiliki anak hebat bukan hanya akan menjadi mimpi, selama kita mau menempanya sejak dini. Satu yang terpenting saat kita menghadapi seorang anak adalah tidak membandingkan dengan anak lain karena hal tersebut akan melukai perasaannya dan terbawa hingga dewasa. Setiap anak istimewa itulah sebabnya, orang tua dituntut belajar setiap hari agar menemukan cara yang tepat untuk mendidiknya.

See you, Ladies

Related posts

Leave a Comment