Bayi Rewel Karena Tumbuh Gigi? Begini Cara Menanganinya

Hai, Smart Ladies
 
Memasuki usia enam bulan, seorang bayi akan tampak semakin menggemaskan. Terlebih jika gigi susu baru tumbuh. Namun, sayangnya saat bayi memasuki fase pertumbuhan gigi pertamanya, seringkali diiringi kondisi yang tidak nyaman bagi si bayi.
 
Ketidaknyamanan bayi akan membuatnya rewel, dan memiliki gejala sebuah penyakit. Hal tersebut disebabkan peradangan pada gusi bayi. Beberapa tanda bayi sedang memasuki fase ini antara lain :
 

1. Gusinya Sedikit Bengkak 

Coba Ladies perhatikan mulut bayi. Biasanya bagian gusi tampak sedikit lebih bengkak dari biasanya. Terkadang, gusi bayi tampak sedikit memerah dan lebih keras dari biasanya saat dipegang
 

2. Penggigit Ulung

Bayi yang akan tumbuh giginya, akan menggigit atau mengisap apa saja yang ia temui di sekitarnya. Barang apa pun yang ia jumpai termasuk jari-jarinya sendiri. Hal tersebut dilakukan karena gusinya merasa gatal akan tumbuh gigi.
 

3. Lebih Banyak Air Liur

Bayi yang akan tumbuh gigi biasanya juga akan memproduksi banyak air liur dan menyebabkan banyak air keluar dari mulutnya. Biasanya dikenal dengan istilah “ngeces”
 

4. Ruam di Sekitar Mulut

Selain gusi yang tidak nyaman, seringkali bayi mengalami ruam ringan di sekitar mulut dan menyebabkan hilangnya selera makan. Beberapa anak bahkan menolak saat diberi makan.
 

5. Rewel di Malam Hari

Pada malam hari, kondisi tidak nyaman akan semakin terasa. Ada beberapa bayi justru mengalami demam ringan sekitar 37 derajat celsius. Desakan gigi yang merobek gusi terkadang menimbulkan peradangan ringan, sehingga membuat suhu tubuh bayi sedikit meningkat.
 
Jika Ladies menghadapi kondisi seperti ini pada bayi, tetaplah tenang dan lakukan beberapa tips berikut :
 
1. Beri teether atau mainan yang aman digigit oleh bayi. 
 
2. Beri potongan buah untuk menstimulasi rahang jika bayi sudah masuk usia enam bulan.
 
3. Pijat ringan telapak kaki dengan minyak andalan agar bayi lebih relaks.
 
Oke, Ladies, mudah bukan mengatasi bayi yang rewel karena tumbuh gigi?
 
Semoga bermanfaat ya, Ladies.

Related posts

Leave a Comment