7 Tips Menyiasati “LDM” agar Pernikahan Langgeng

Hai, Smart Ladies!

LDM atau Long Distance Marriage adalah hubungan jarak jauh dalam pernikahan. Biasanya, LDM terjadi karena suami atau istri meninggalkan rumah dengan alasan bekerja atau tugas belajar di luar kota, luar pulau, atau luar negeri. Hubungan ini tidak mudah untuk dijalani, apalagi jika berlangsung bertahun-tahun.
Berikut ini tips menyiasati LDM supaya dapat mempertahankan pernikahan yang sehat:


1.Komitmen Suami dan Istri 

Suami atau istri yang bekerja di luar kota, luar pulau, atau luar negeri tidak dapat selalu berkomunikasi face-to-face. Diperlukan kesepakatan untuk sementara hidup di tempat yang berbeda demi masa depan keluarga. Pikirkan risiko yang akan dialami pasangan, seperti rasa rindu yang harus dipendam maupun mengatasi masalah rumah tangga sendiri, apalagi kalau sudah memiliki anak. Semua hal itu harus dipikirkan matang dengan menetapkan tujuan yang jelas, misalnya  memiliki taraf hidup yang lebih baik serta komitmen untuk melakoninya.



2. Menjaga Hubungan Komunikasi 

Dengan sikap terbuka dan jujur, pasangan berkomunikasi setiap hari agar masing-masing mengetahui keberadaannya. Jika ada masalah, suami dan istri saling menguatkan dan bersama-sama mencari jalan keluar. Komitmen inilah yang merupakan pondasi yang harus dipegang selamanya.



3. Menjaga Quality Time

Bila pasangan dapat berjumpa seminggu atau sebulan sekali, pergunakan waktu untuk kebersamaan yang berkualitas, misalnya dengan saling mencurahkan isi hati dan menjalin kemesraan.’



4. Saling Memercayai

Tidak ada hal yang lebih indah selain melihat pasangan yang saling memercayai satu sama lain, tidak mencurigai apa pun. Sebaiknya, suami dan istri dengan teguh menjaga kepercayaan itu, tidak terpengaruh apa yang dikatakan orang lain.



5. Saling Mendoakan

Pasangan yang saling mendoakan menyerahkan hidup mereka ke tangan Tuhan. Hal ini disebabkan kita percaya campur tangan Allah yang menopang hidup pernikahan dalam suka dan duka. Jika Ladies selalu ingat ada Allah yang menjaga masing-masing, hidup pernikahan akan lebih tenteram.



6. Membina Kedekatan Keluarga

Melalui hubungan dekat dengan anak, kakak, adik, sepupu, mertua, dan ipar rasa kesepian akan berkurang. Berkunjunglah ke rumah mereka secara berkala untuk bersilaturahmi menjalin kekeluargaan. Dengan demikian, Ladies akan merasakan kehangatan dukungan keluarga.



7.Bergabung di Komunitas

Banyaknya komunitas yang tumbuh saat ini membawa dampak yang positif bagi banyak orang, tak terkecuali pasangan yang menjalani LDM. Ladies dapat memilih komunitas yang baik, yaitu komunitas yang memiliki kegiatan sehat yang dapat membangun hubungan individu yang sehat pula. Bisa saja kita bergabung dalam komunitas yang produktif, misalnya komunitas menulis, sosial, arisan, dan lainnya.
Jika ada teman yang sama-sama menjalani LDM, bergabunglah supaya Ladies merasa senasib bisa berbagi cerita suka dan duka.

Tidak mudah menjalani LDM. Jika ada komentar-komentar yang tidak enak, Ladies tidak perlu menggubrisnya. Yang penting, masing-masing keluarga bertanggung jawab dengan pilihan yang dijalaninya. Tetaplah konsisten dengan keputusan yang telah diambil.

Related posts

Leave a Comment