Kiat Hemat Berbelanja di Supermarket

Halo, Ladies!

Seiring perkembangan zaman, banyak orang memilih berbelanja di supermarket daripada pasar tradisional. Mereka beranggapan bahwa berbelanja di supermarket lebih nyaman dan bersih, walaupun harganya lebih mahal. Selain itu, supermarket juga menawarkan cara pembayaran nontunai, seperti menggunakan kartu debit.

Namun, bukan berarti berbelanja di supermarket itu pemborosan, lo. Agar Ladies tetap bisa berhemat, coba lakukan tips dan trik berikut ini.


1. Buat Daftar Belanja

Seperti yang kita tahu, barang yang dijual di supermarket harganya lebih tinggi daripada pasar tradisional. Solusi agar pengeluaran tidak membengkak, buatlah daftar belanjaan terlebih dahulu. Hal ini akan membantu Ladies menghindari godaan membeli barang yang tidak diperlukan. Berbelanjalah sesuai daftar yang telah dibuat.

sumber pixabay.com


2. Jangan Belanja Tiap Hari

Ladies harus mulai berbelanja secara efektif dengan cara mengatur waktu, misalnya seminggu sekali. Agar lebih mudah, buatlah catatan dan sediakan bolpoin di dekatnya.  Jika stok barang habis, Ladies bisa  langsung  menulisnya.  Catatan ini sekaligus menjadi  daftar belanjaan.

sumber pinterest


3. Manfaatkan Promo

Pada periode tertentu, supermarket memberikan promo, bisa berupa potongan harga atau buy one get one Free (beli 1 gratis 1).  Diskon akan lebih menghemat pengeluaran. Namun, jangan tergoda dan langsung membelinya. Pikirkan dulu apakah Ladies membutuhkan barang tersebut atau tidak.

sumber pixabay.com


4. Perhatikan Harga Barang

Supermarket adalah sebuah bisnis. Jadi, pengelolanya punya taktik untuk menggiring pelanggan agar membeli  barang yang lebih mahal. Salah satu tekniknya  adalah  menempatkan barang-barang tersebut di  rak yang posisinya sesuai dengan tinggi badan rata-rata orang. Sebaliknya, barang yang lebih murah terletak di luar jangkauan mata kita. Untuk mengatasinya, rajinlah membandingkan harga dan jangan belanja terburu-buru.

sumber pixabay.com


5. Jangan Membawa Troli

Jika hanya akan membeli beberapa barang saja, gunakan keranjang, bukan troli.  Ruang  pada troli bisa memengaruhi  kita untuk mengisinya sampai penuh sehingga bisa saja membeli barang di luar daftar belanjaan.

sumber pinterest.com


6. Gunakan Kartu Anggota

Beberapa supermarket memberikan fasilitas potongan harga untuk pelanggan yang mempunyai  kartu anggota. Hal ini menguntungkan karena bisa menghemat  pengeluaran.

sumber pixabay.com

Dengan menggunakan tips dan trik di atas, berbelanja di supermarket  tidak akan boros dan mahal seperti yang Ladies bayangkan. Namun, tetaplah bijak dalam mengatur pengeluaran dan sesuaikan dengan kebutuhan. Selamat berbelanja.

Related posts

Leave a Comment