Ini, lo, 5 Trik supaya Anak Suka Makan Sayur

Hallo, Smart Ladies!

Musim hujan sudah datang, saatnya meningkatkan stamina tubuh agar selalu sehat dan bugar, meskipun sering kehujanan. Asupan sehat dan bergizi adalah salah satu kunci supaya kondisi tubuh selalu prima, termasuk pada anak-anak.

Memperbanyak konsumsi air putih serta makan buah dan sayur yang cukup akan manjadi benteng kuat untuk pertahanan tubuh anak.
Sayangnya, tidak semua anak suka atau mudah makan sayur.

Ingin asupan sayur anak tetap terpenuhi? Berikut 5 trik agar anak mudah makan sayur : 


1. Potongan Menarik

Dalam keadaan terburu-buru, kadang sayur dipotong ala kadarnya. Cobalah untuk membuat bentuk-bentuk lucu dan menarik dari sayur yang diolah.

Saat ini, cetakan potongan sayur sudah banyak dijual di pasaran. Teknik-teknik memotong sayur-mayur menjadi tampilan menggugah selera makan pun mudah didapatkan di internet.

Pasti berbeda reaksinya ketika anak melihat wortel dalam potongan bulat standar dibanding wortel berbentuk bunga, kupu-kupu, atau kelinci.


2. Variasi Olahan

Sayuran bisa disajikan dalam berbagai variasi olahan, misalnya dibuat nugget atau sayur goreng tepung. Memang sih, yang paling baik kualitas gizinya adalah sayur yang cukup direbus, tetapi sesekali menampilkan brokoli dalam balutan tepung bumbu atau wortel dalam bentuk nuggets wortel keju pasti membuat anak tergugah selera makannya.


3. Update Menu Kekinian

Saat ini, kesadaran masyarakat akan pentingnya konsumsi sayur sudah lebih meningkat. Sajian sayur di restoran pun makin beragam pula. Smart Ladies bisa mencari informasi tentang menu-menu olahan sayur yang sedang digandrungi, termasuk saus pelengkap sajian sayur kekinian.


4. Penyamaran

Langkah ini diambil jika tiga langkah sebelumnya belum berhasil diterapkan. Penyamaran maksudnya adalah menambahkan sayur pada olahan makanan anak yang betul-betul susah makan sayur.

Caranya dengan menambah sedikit sayur ke dalam jenis makanan yang disukai, misalnya Ladies bisa memasukkan sepotong wortel dalam filet daging ayam yang dilipat atau digulung sebelum digoreng dengan tepung.


5. Kaldu Sayuran sebagai Pilihan Terakhir


Jika anak sama sekali tidak mau makan sayur, membuat kaldu sayur adalah pilihan terakhir supaya anak tetap mendapatkan asupan bergizi.

Caranya dengan merebus beberapa jenis sayuran lalu disaring dan diambil airnya. Inilah yang disebut dengan kaldu sayuran. Kaldu inil bisa dijadikan kuah bakso, soto, sup, atau apa saja yang anak suka.

 

Selera makan anak berasal dari pembiasaan. Ladies bisa memulai dengan memperbanyak mengangkat tema sayuran dalam kegiatan seru sehari-hari.

Mendongeng atau bercerita dengan tokoh sayur, bisa menjadi pengaruh positif bagi anak supaya suka sayur.

Saat berwisata atau jalan-jalan, cobalah pergi ke kebun sayur yang menyediakan paket kegiatan untuk anak-anak, mulai dari menanam, memanen, hingga mengolah sayur.


Nah, Smart Ladies, jangan lelah berusaha supaya anak tumbuh sehat dan menjadi generasi hebat.

Sitatur Rohmah

Ibu rumah tangga 4 putra putri yang mulai beranjak remaja. Menulis adalah hobi sekaligus ajang edukasi bagi putra putrinya untuk mencintai dunia literasi.
Sitatur Rohmah

Related posts

Leave a Comment