Ingin Belanja Keperluan Bayi? Cermati Dulu 5 Hal Ini!

Berbelanja keperluan bayi saat hamil pertama kali adalah momen yang sangat menyenangkan. Euforia kehamilan anak pertama sering membuat ibu muda gelap mata dan membeli semua perlengkapan bayi. Smart Ladies tak ingin mengalami hal ini, bukan? Salah-salah, anggaran untuk persiapan persalinan terkuras habis hanya untuk berbelanja.


Untuk menyiasati hal ini sebelum berbelanja, sebaiknya Smart Ladies memperhatikan lima hal berikut terlebih dahulu.


1. Cari Info Barang yang Diperlukan

Sebelum berbelanja, lebih baik bertanya dan mencari informasi kepada teman atau saudara. Buat daftar barang yang akan dibeli berdasarkan informasi yang didapat. Tak lupa, sertakan pula jumlah yang harus dipenuhi. Ini bermanfaat agar barang yang dibeli benar-benar terpakai dan tidak mubazir.


2. Utamakan yang Paling Diperlukan

Tahan diri Ladies, saat berada di toko perlengkapan bayi. Hindari membeli barang di luar daftar yang dibuat. Saat membeli perlengkapan bayi, pertimbangkan manfaatnya, bukan bentuk atau warnanya yang lucu. Pilih barang yang benar-benar penting dan bermanfaat demi menjaga kenyamanan bayi.


3. Kontrol Jumlah

Bayi tumbuh sangat cepat sehingga Ladies tak perlu membeli dalam jumlah banyak. Belilah secukupnya saja, asal lengkap. Sayang, kan, bila membeli dalam jumlah banyak tapi tak sempat dipakai karena sudah kekecilan?


Lebih baik, Ladies memilih satu atau dua jenis dengan kualitas terbaik. Bayi baru lahir sangat sensitif sehingga membutuhkan baju yang nyaman dan kain yang ramah kulit. Tak perlu juga banyak variasi karena bayi tak dianjurkan diajak jalan-jalan.



4. Siapkan dan Atur Anggaran

Siapkan dan atur anggaran sebelum berbelanja ke toko bayi agar Ladies terhindar dari membeli barang yang tidak terlalu penting. Bila anggaran telah diatur kemungkinan tergoda barang lain di luar daftar bisa diminimalisir.


5. Tak Ada Salahnya Meminjam

Bila ada saudara dekat yang sudah pernah memiliki bayi, tak ada salahnya Ladies meminjam peralatan darinya. Barang keperluan bayi hanya digunakan dalam waktu yang relatif singkat. Bila barang tersebut masih bagus dan layak pakai, tak perlu malu meminjam. Anggaran membeli peralatan bayi baru lahir bisa dialokasikan untuk keperluan lainnya.


Menghadapi persalinan yang pertama pasti akan membuat Smart Ladies bingung, ya. Banyaklah bertanya dan mencari informasi tentang serba serbi persalinan kepada yang sudah berpengalaman. Semoga dengan persiapan mental, fisik, dan perlengkapan yang cermat, semua bisa berjalan lancar.

Related posts

Leave a Comment