7 Tips Melakukan Penghematan Pengeluaran Berbagai Keperluan Rumah Tangga

Halo, Smart Ladies!

Dalam sebuah rumah tangga orang tua selalu ingin dapat memenuhi kebutuhannya. Cara yang bisa ditempuh adalah berhemat. Apalagi saat ini hampir semua harga barang melambung. Untuk keperluan sekunder Ladies masih bisa melakukan penghematan asalkan teliti, telaten, dan sabar mendapatkannya. Adapun barang-barang yang dapat diperoleh  dengan hemat adalah:


1. Ponsel

Banyak konter menawarkan berbagai ponsel pantas pakai dari merk-merk terbaik dengan kondisi mulus. Hal ini dikarenakan banyak anak muda yang gemar membeli ponsel hanya untuk mengikuti tren. Ponsel baru dimiliki 5-6 bulan, mereka tergoda membeli seri baru dan menjual yang lama ke konter dengan harga jauh dibawah harga beli. Malahan, sering masih bergaransi beberapa bulan.Jika telaten, Ladies akan mendapatkan ponsel cukup lumayan sepadan dari segi fungsi dan harga.


2. Sepeda Motor atau Mobil

Sama halnya, sepeda motor dan mobil pun banyak yang menjual seken. Seringkali yang terjadi pemilik kendaraan tersebut berkeinginan menjualnya karena membutuhkan uang. Alasan lainnya, ada orang yang kelebihan kendaraannya dan tidak menggunakannya. Jika dana yang ada terbatas sebaiknya membeli kendaraan sesuai kemampuan. Lebih bijak membayar tunai kendaraan dengan harga terjangkau daripada mencicil lama. Yang penting kondisi kendaraan layak jalan dan mulus sesuai kebutuhan Ladies.

3. Kipas Angin

Gunakan kipas angin ketimbang AC karena lebih hemat dari segi harga, pemakaian listrik, juga perawatan. Pilihlah merek yang cukup terkenal mutunya dan hemat daya. Beberapa pabrik kipas angin terkenal memiliki service center yang melayani perbaikan tanpa membayar, dengan demikian Ladies lumayan berhemat.


4. Furnitur

Orang yang akan pindah rumah biasanya menjual perabotan dengan harga miring. Pilihlah mebel yg dibutuhkan dan sesuaikan ukuran dengan tempat yang tersedia. Lebih menguntungkan bila membeli lebih dari satu jenis barang dengan harga borongan, tidak satuan.


5.  Buku-buku Impor

Ada penjual buku-buku impor seken, misalnya buku pengetahuan, novel, kamus, atau buku cerita anak. Bila jeli, kita bisa mendapatkan buku- buku bagus dan berkualitas dengan kondisi baik.


6.  Perlengkapan Bayi

Sebagai orangtua kita ingin membelikan stroller, ayunan, atau mainan-mainan bagus untuk buah hati, tetapi harganya saat ini tergolong mahal. Apalagi, bayi menggunakannya dalam waktu relatif singkat, ditambah lagi penyimpanannya membutuhkan ruang. Solusinya, Ladies dapat menyewa beragam perlengkapan bayi dan anak secara daring. Carilah penyewa yang berdomisili di kota Ladies tinggal agar tidak terkena ongkos kirim yang besar. Harga sewa tergantung jenisnya dan waktu peminjaman. Sangat praktis, bukan?


7. Barang Elektronik

Kita bisa membeli kebutuhan rumah tangga misalnya AC, lemari es, printer, TV, mesin cuci dengan program tukar tambah pada event tertentu seperti menjelang Lebaran, Natal, Tahun Baru atau Year Sale. Keuntungannya adalah Ladies tidak perlu repot menjual barang lama secara pribadi karena harganya belum tentu dibayar dengan pantas. 

Dengan sedikit usaha, kita bisa melakukan penghematan pengeluaran dan Ladies pun masih dapat menyimpan uang untuk keperluan lain. Tidak perlu malu jika hal itu membantu kita mengerem pengeluaran. Selamat mencoba, Ladies!

 






Related posts

Leave a Comment