5 Kuliner Indonesia ini ada Juga di Malaysia Apakah Salah Satunya Makanan Favoritmu?

Hai, Smart Ladies!
Indonesia dan Malaysia adalah dua negara yang bertetangga. Berasal dari rumpun yang sama mengakibatkan banyak kesamaan, di antaranya dialek bahasa, tata krama, dan makanan. Jika bepergian ke negara Jiran ini, Ladies akan maka akan ditemui makanan yang sama seperti di Indonesia. Kuliner apakah itu? Mari simak penjelasan di bawah ini:

1. Bakwan Udang

Makanan ini banyak penggemarnya, terutama pada bulan puasa. Ternyata, bakwan udang juga ada di Malaysia namanya cucur udang. Jika di Malaysia bentuknya agak gemuk dan dimakan dengan menggunakan saus, sedang di Indonesia bakwan disantap dengan cabai rawit. Apakah bakwan juga makanan favoritmu?

2. Nasi Pecel

Jika Ladies berasal dari Jawa, Tengah tidak usah khawatir akan kehilangan nasi pecel yang selalu menjadi santapan. Di Malaysia juga ada Lo nasi pecel, hanya namanya adalah nasi kerabu. Perbedaannya, nasi pecel dari Malaysia ini berwarna biru karena menggunakan dari bunga telang sehingga warna menjadi demikian.

3. Nasi Uduk

Ladies suka nasi uduk yang merupakan salah satu menu sarapan di Indonesia. Di Malaysia nasi uduk bernama nasi Lemak. Persamaan keduanya adalah sama-sama diolah dengan menggunakan santan, daun pandan, dan daun salam.

4. Pastel

Pastel merupakan kudapan yang menyehatkan karena di balik kulitnya yang renyah, terdapat isian yang terdiri dari wortel, kentang, daging ayam atau sapi cincang, dan telur. Di Malaysia, pastel bernama karipap. Berbeda dengan di Indonesia, isiannya terdiri dari kentang dan daging cincang yang diolah menggunakan bumbu kari.

5. Lontong Opor

Persamaan dari kedua makanan ini, sama-sama berkuah santan dan menggunakan berbagai macam bumbu rempah. Lontong opor di Malaysia dikenal dengan nama curry laksa. Curry laksa berisi, udang, telur, tahu, dan kuah santan, sedangkan lontong opor berisi lontong dan daging ayam serta taburan bawang goreng. Hmmm … Mana yang enak, ya?

Nah, Ladies, sudah tidak khawatir lagikan jika bepergian ke negara jiran ini. Ternyata, makanan di Indonesia ada juga di Malaysia hanya berbeda nama saja. Adakah salah satunya merupakan makanan favorit Ladies? Semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Comment