5 Cara agar Anak Rajin Mengerjakan Pekerjaan di Rumah

Hai, Smart Ladies!

Tahukah Ladies, mengajari anak pekerjaan di rumah sama dengan melatihnya untuk bertanggung jawab? Pekerjaan yang dapat diajarkan sejak dini misalnya, membersihkan rumah, mencuci pakaian, pekerjaan dapur, dan lain-lain. Pekerjaan tersebut dapat diajarkan dari sejak dini. Setelah anak terlatih melakukan pekerjaan rumah, mulai saat itu, anak sudah belajar bertanggung jawab menyelesaikan pekerjaan yang diembannya.

Namun, sebagian anak menganggap pekerjaan di rumah tersebut membosankan dan melelahkan. Lalu, bagaimana caranya agar anak rajin melakukan pekerjaan rumah? Berikut beberapa tips agar anak gemar mengerjakan pekerjaan rumah:

1. Membentuk Tim Pekerja

Bersama anak, kita dapat membentuk satu tim pekerja, misalnya ayah membentuk tim membersihkan kebun bersama anak laki-laki dan ibu membentuk tim memasak di dapur bersama anak perempuan. Pasti akan seru dan anak lebih bersemangat. Dalam bekerja, orang tua tidak hanya menyuruh anak, tetapi memberikan contoh dalam menyelesaikan pekerjaan.

2. Bermain Sambil Bekerja

Agar suasana tidak menjenuhkan dalam bekerja, orang tua dapat menciptakan permainan agar suasana tidak membosankan. Orang tua bisa mengadakan sayembara dengan memberikan hadiah untuk anak yang paling bersih dan rapi kamarnya. Dengan demikian, anak akan giat dan berusaha menjadi pemenangnya.

3. Berikan Penghargaan pada Anak

Setelah anak telah menyelesaikan tugasnya, tidak ada salahnya jika orang tua memberikan penghargaan pada anak. Penghargaan tidak selalu dalam bentuk hadiah, dapat berupa pujian atau kecupan tanda terima kasih.

4. Beritahu Akibatnya

Orang tua dapat memberitahu pada anak jika malas melakukan pekerjaan rumah. Misalnya, jika rumah tidak disapu, kotoran akan menumpuk lalu akan menjadi sarang penyakit. Dengan memberitahu akibat tersebut, anak akan rajin melakukan pekerjaan rumah.


5. Buat Jadwal Harian

Orang tua bisa memberikan jadwal bekerja pada anak, kapan harus menyapu, mencuci, dan lain-lain. Dengan adanya jadwal, anak akan merasa mempunyai tanggung jawab dan tidak menghabiskan waktu hanya bermain hanya dengan gawainya.

Demikian Ladies, tips agar anak rajin melakukan pekerjaan rumah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Comment