Tips Agar Si Kecil Mempunyai Berat Badan Ideal

Cara Agar Berat Badan Balita Ideal

Smart Ladies,

Mempunyai anak merupakan kebahagiaan tersendiri bagi orang tua, Apalagi jika si kecil masih balita. Tingkah laku, perkataan, dan fisiknya sangat menggemaskan. Hiburan bagi siapa saja yang melihatnya. Tidak salah kalau anak dikatakan penyejuk mata orang tuanya, khususnya jika balita optimal pertumbuhan dan perkembangannya.

Membahas pertumbuhan dan perkembangan balita, tentu tidak cukup satu dua halaman jika dituliskan. Maka dalam artikel kali ini, Ladies akan diajak mengetahui seputar berat badan ideal balita.

Berat badan ideal balita, umumnya dapat terlihat pada Kartu Menuju Sehat (KMS) yang dimiliki. Garis merah pada KMS menunjukkan berat badan minimal yang harus dimiliki anak pada usia tertentu. Sementara warna hijau tua menunjukkan berat badan ideal dan warna kuning menunjukkan batas hati-hati, karena kemungkinan anak terlalu kurus atau terlalu gemuk.

Namun, menjaga agar berat badan si kecil ideal tidaklah mudah. Anak belum paham manfaatnya, jadi orang tua dan pengasuh yang mengusahakan. Ada anak yang sulit sekali makan, sehingga terlalu kurus dibandingkan umurnya. Ada pula anak yang lebih banyak minum susu formula sehingga obesitas atau kegemukan.

Untuk membantu si kecil mempunyai berat badan ideal, di bawah ini ada beberapa tips.

1. Mengatur Pola Makan

Tidak hanya orang dewasa yang harus diatur pola makannya. Mengatur pola makan untuk balita Ladies juga sangat diperlukan. Pola makan teratur diterapkan sejak anak mulai konsumsi makanan pengganti ASI (sekitar usia 6 bulan). Anak diperkenalkan kapan waktu makan, minum susu formula, dan konsumsi makanan selingan. Minum susu formula yang tidak diatur dan berdekatan dengan waktu makan siang, membuat anak masih kenyang.

2. Menyesuaikan Porsi Makan

Porsi makan setiap orang berbeda, tergantung pada fisiologis tubuhnya masing-masing. Jangan memaksa anak makan dalam porsi besar, padahal sudah terlihat sangat kenyang. Jika hal tersebut dilakukan terlalu sering, otak tidak lagi merespon pencernaan. Anak dapat obesitas karena makannya tidak terbatas.

3. Mengatur Menu

Pengaturan menu penting agar balita Ladies menyukai semua jenis makanan. Dengan demikian semua kebutuhan gizinya akan tercukupi.

4. Membuat Suasana Menyenangkan Saat Makan

Terakhir adalah membuat suasana menyenangkan saat makan. Bagi balita, ini menjadi pengalih perhatian. Jika Smart Ladies terbiasa makan bersama di meja, maka anak akan senang diajak ikut serta. Makan sambil bermain di dalam rumah dapat dilakukan bagi balita usia 1 sampai 2 tahun. Balita yang senang mencoba makan sendiri juga perlu diberi kesempatan. Hal ini sekaligus mengajarkan kemandirian.

Tidak banyak tips membuat si kecil mempunyai berat badan ideal. Selama dilakukan dengan konsisten maka Smart Ladies akan mendapatkan hasil memuaskan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Related posts

Leave a Comment