Ingin Turunkan Kolesterol Jahat? Yuk, Atasi dengan Makanan ini!

Halo,Smart Ladies.

Bagaimana cara menurunkan kolesterol jahat?
Kolesterol jahat yang tinggi dalam tubuh wajib memang untuk segera ditanggulangi agar tidak menimbulkan penyakit serius yang bisa mengancam kesehatan. Banyak risiko penyakit disebabkan karena tingginya kolesterol dalam tubuh, di antaranya serangan jantung, gagal ginjal, gangguan vitalitas pria, dan lainnya. Jika menggunakan cara alami, kita perlu menerapkannya. 


Perlu kita ketahui, bahwa kolesterol merupakan lemak yang diproduksi oleh hati dan berperan penting untuk kesehatan tubuh. Namun, kandungan kolesterol berlebih pada tubuh juga tidak baik, karena terlalu banyak kolesterol dalam aliran darah kemudian tersimpan di arteri, akan menimbulkan beberapa penyumbatan yang mengakibatkan timbulnya beberapa penyakit serius.

Untuk itu, diperlukan adanya tindakan penurunan kolesterol sesegera mungkin. Agar keseimbangan kolesterol dalam tubuh bisa terjaga lagi dengan baik sehingga tidak menimbulkan kolesterol jahat. Inilah makanan terbaik untuk menurunkan kolesterol jahat dengan cara alami.

1.Kacang-kacangan

Sumber gambar pixabay[/caption]

Mengonsumsi kacang-kacangan salah satu cara yang efektif untuk menurunkan kolesterol jahat. Almond, pistachios, hazelnut, dan walnut mengandung asam lemak tak jenuh, Yang dapat menyehatkan pembuluh darah. Hendaknya dikonsumsi dalam keadaan mentah tanpa ada campuran gula dan garam karena gula dan garam bisa menambah kalori pada kacang tersebut. Jangan lupa untuk mengonsumsi dalam jumlah yang wajar dan jangan terlalu berlebihan.

2.Ikan

Sumber gambar pixabay[/caption]

Ikan termasuk makanan yang bisa menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Ikan makarel, salmon, sarden, herring, dan halibut yang dikenal kandungan Omega-3 berfungsi untuk menurunkan kolesterol jahat dan melindungi kesehatan jantung. Caranya, rebus atau panggang jenis ikan tersebut. Jangan digoreng karena bisa menambah jumlah lemak buruk dalam tubuh.

3.Bawang Putih 

Sumber gambar pixabay[/caption]

Dikenal sebagai rempah, ternyata bawang purih juga termasuk salah satu jenis bahan makanan yang bisa menurunkan lemak jahat dalam tubuh. Zat sulfur yang menjadi antioksidan bisa melebar ke area pembuluh darah dalam tubuh. Bawang putih ini bisa dikomsumsi dalam keadaan mentah. Caranya, mencampurkan pada makanan yang dihidangkan untuk menurunkan kolesterol jahat sehingga dengan tidak langsung kita bisa mengambil khasiat bawang putih tersebut.

4.Bawang Merah

Sumber gambar pixabay[/caption]

Kandungan quercetin bisa membantu untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Quercetin dikenal sebagai antioksidan kuat yang mampu meningkatkan jumlah kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat. Nah, karena itu,  mengonsumsi bawang merah bagus untuk menurunkan kolesterol jahat yang bisa membahayakan kesehatan. Dalam proses penurunan kolesterol jahat, kita bisa mengonsumsi bawang merah mentah, bisa juga dijadikan jus atau salad.

5. Oat

Sumber gambar pixabay[/caption]

Jika kolesterol tubuh meningkat, kita bisa menurunkannya dengan mengonsumsi oat. Hal ini karena oat mengandung beta glukan dan serat membantu menurunkan kolesterol jahat. Selain itu, serat tinggi yang terdapat pada oat bisa bermanfaat mengurangi tingkat penyerapan kolesterol dari makanan yang kita konsumsi.

Dari 5 tips diatas kita bisa memilih salah satunya. Semoga bermanfaat, ya.

Related posts

Leave a Comment