Smart Ladies Sinusitis? Coba Tips Sederhana Ini

Hai, Smart Ladies!  

Sinusitis adalah peradangan yang terjadi pada selaput lendir tulang sinus. Biasanya, penderita memiliki keluhan seperti pusing, beringus setiap pagi, hidung tersumbat, penciuman melemah, mata bengkak, dan nyeri di bawah tulang mata jika ditekan.

Sinusitis yang dibiarkan berlarut-larut akan membuat wajah tampak bengkak layaknya moonface. Hal tersebut disebabkan rongga yang ada di bawah kulit wajah terisi cairan toksin. Lazimnya sinusitis kumat di siang hari sehingga mengganggu aktivitas. Tumpukkan cairan sinus menekan otot atau syaraf yang terhubung ke kepala, menyebabkan penderitanya nyeri di kepala.  

Sayangnya, penderita sinusitis mengabaikan apa yang dideritanya dan menganggapnya hanya sebagai pilek biasa. Obat flu dan antibiotik sering dijadikan solusi bagi penderita. Padahal, pilek dan batuk adalah alarm tubuh yang memberitahu bahwa ada benda asing yang masuk dan harus dikeluarkan.

Berikut Beberapa Penyebab Sinusitis

1. Udara dingin atau AC.

2. Kebiasaan bernapas dengan mulut, terutama saat tidur.

3. Infeksi bakteri streptokokus basil dan stafilokokus yang berasal dari polusi udara dan asap rokok.

4. Makanan yang mengandung ragi dan gluten karena memicu perkembangan bakteri.

5. Minuman dingin terutama dengan zat gula dan pewarna sintetis, yang membuat suhu alami tubuh menurun. Hal tersebut dapat mengentalkan cairan sinus yang cair dan berubah menjadi nanah.

6. Kurang berolahraga dan aktivitas fisik.

7. Olahraga berlebihan sehingga menyebabkan otak kekurangan cairan dan oksigen.  

Sebelum memutuskan obat sebagai tindakan pengobatan, ada baiknya Ladies mencoba terapi sederhana ini untuk mengatasi sinusitis:    

1. Minum

Jaga cairan tubuh dengan minum air yang cukup, minimal 2 liter sehari atau sebanyak sepuluh persen dari berat tubuh. Biasakan minum air putih hangat atau air kelapa yang dihangatkan.  

2. Makanan

Hindari makanan dan minuman pencetus alergi seperti makanan yang mengandung gula, gluten, penyedap, dan berpengawet. Perbanyak makanan sehat seperti buah dan sayuran. Sup hangat pun baik dikonsumsi setiap hari.  

3. Udara  

Jauhi polusi udara, bisa dengan menggunakan masker atau berada di tempat yang jauh dari polusi. Kurangi pemakaian AC juga dapat membantu mengurangi sinusitis.

4. Olahraga  

Rutin berolah raga akan membantu suplai oksigen ke otak. Olah raga pun membantu menaikkan suhu alami tubuh sehingga membantu mencairkan cairan sinus yang mulai mengental, terutama jika dilakukan pagi hari, setelah bangun dari tidur.

5.  Pijat  

Pijat ringan pada tulang leher, pangkal kepala, telapak kaki, sisi hidung,  dan area bawah tulang mata dengan minyak andalan sebelum tidur.
 
Selain hal tersebut, pola makan dan gaya hidup sehat akan membantu menjaga daya tahan tubuh dalam melawan bakteri dan virus.
 
Semoga bermanfaat, Ladies.

Related posts

Leave a Comment