Ladies Ingin Menyetir Sendiri di Malam Hari? Aman, Kok, Ini Dia Tipsnya

Hai, Ladies!

Terkadang, karena kondisi tertentu, Ladies harus menyetir sendirian di malam hari. “Bahaya, ah!” Mungkin, kita sering mendengar kekhawatiran itu. Padahal ketika sudah berada di jalan dan membawa kendaraan, perempuan maupun laki-laki harus siap dengan segala kondisi.

Kunci aman menyetir di malam hari terletak pada persiapan dan saat berkendara agar dapat meminimalisir bahaya yang akan terjadi. Lakukan persiapan sebelum mengemudi, tetapi paling penting adalah persiapan diri sendiri.

Sumber Pinterest

Apa yang Ladies Lakukan saat Berkendaraan?

Lakukan stretching ringan sebelum berkendara, seperti peregangan leher, tangan, pinggang, dan kaki. Organ-organ ini dibutuhkan saat mengemudi agar tidak grogi atau kaget menghadapi situasi di jalan.

Aturlah rute, perkiraan waktu tempuh, dan pelajari medan jalan yang akan dilewati. Dengan demikian setidaknya, kita tahu jalur yang dilalui apakah ramai atau tidak. Begitu juga dengan kondisi jalannya, apakah  rusak atau tidak.

Jika rute yang akan dilalui sepi,  jangan panik, ini tips amannya.  Gunakan pakaian tertutup atau yang flexibel,  jangan memakai rok atau atasan yang menyulitkan saat berkendara. Pakailah jeans yang berbahan strech atau legging sehingga memudahkan Ladies saat mengoperasikan kendaraan.

Saat berkendara di malam hari, jangan lagi pedulikan penampilan karena yang terpenting adalah keselamatan. Hindari memakai high heels atau sepatu yang menyulitkan pijakan kaki  karena peran kaki sangat penting untuk mengatur ritme dan laju kendaraan.

Persiapan sudah, sekarang saatnya berkendara. Gunakan sabuk pengaman dan atur jarak aman dengan pengendara lain. Usahakan mata selalu awas dengan situasi sekitar, arah depan, spion belakang, samping kiri, dan kanan.

Atur juga komunikasi dengan pengendara lain yang bisa dilakukan melalui penggunaan lampu sein, klakson, sebagai contoh , jika mau berbelok, beri lampu sein 200 meter sebelumnya dan gunakan  lampu jauh jika dibutuhkan saja, begitu juga dengan klakson.

Hindari penggunakan ponsel  karena bisa mengurangi fokus saat berkendara. Maka, sangat ditekankan untuk memahami rute yang akan dilalui, jadi saat mengemudi kita sudah hafal dan tidak perlu ponsel lagi.

Nah, sekarang, Ladies tidak perlu khawatir jika harus mengemudi sendiri di malam hari. Persiapan yang baik dan tetap fokus adalah  yang terpenting dan jangan lupa berdoa sebelum dan saat berkendara.

Related posts

Leave a Comment