5 Hal yang Perlu Diperhatikan pada Saat Anak Membangkang

Hai, Smart Ladies!

Setiap orang tua selalu ingin anaknya menjadi penurut semua nasihat dan perintahnya dipatuhi anak. Orang tua juga selalu memberikan yang terbaik untuk sang anak, walau kadang anak membantah atau tidak mau menerima. Tidak jarang, situasi ini menimbulkan perdebatan antara orang tua dan anak. Apalagi, anak zaman sekarang pandai mengeluarkan pendapat, cerdas, dan pandai berkilah.
Sebagai orang tua, kita harus sabar karena tidak jarang anak belum mengerti apa yang harus ditaati. Sikap anak yang dianggap membangkang boleh jadi disebabkan mereka tidak paham maksud orang tua.

Berikut 5 hal yang menyebabkan anak tidak patuh atau membangkang pada perintah:

1. Cara Memberi Perintah

Memberi perintah pada anak jangan mengambang sehingga anak tidak tahu maksudnya. Pakailah kata-kata yang dapat dimengerti oleh anak sesuai dengan usianya.

2. Tidak Menyadari Apa yang Diperintahkan

Terkadang, pada saat orang tua berbicara anak tidak memperhatikan karena sedang mengerjakan pekerjaan rumah atau sedang makan, misalnya. Orang tua pun menganggap anak telah membangkang.
Saat itu, yang dapat orang tua lakukan adalah mengulang apa yang dikatakan dan tanyakan pada anak apakah ia mendengarkan dengan baik. Kalau anak masih belum mendengarkan, jangan cepat marah. Sentuh tangan anak dengan kehangatan dan kasih sayang. Pastikan ia menatap kita, lalu ulangi sekali lagi apa yang kita ucapkan tadi, tanpa marah dan emosi.

3. Waktunya Tidak Tepat

Saat anak sedang ada masalah dengan temannya, sebagian orang tua kemudian menasihati untuk segera minta maaf. Namun, ternyata anak tidak mau melakukan. Orang tua pun menganggap anak membangkang.
Padahal, anak menolak karena ia butuh waktu agar dapat menerima keadaan untuk melaksanakan perintah.

Kalau Smart Ladies ingin anak melakukan semua apa yang diperintahkan, kuncinya adalah sabar dan menunggu anak siap melakukan. Semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Comment