Walau Terkesan Remeh, 7 Hal Sederhana Ini Ternyata Punya Dampak Besar!

Smart Ladies, jarang kita sadari bahwa hal-hal kecil dan sederhana sering membawa dampak besar dalam kehidupan. Kita tidak harus kaya, berpendidikan tinggi, atau mempunyai jabatan agar dihormati dan dihargai orang lain.


Hal-hal kecil dan sederhana yang dilakukan dengan ketulusan dan tanpa pamrih, akan membuat orang lain lebih menghargai kita. Apakah selama ini Smart Ladies merasa kurang dihargai dan dihormati orang lain? Coba lakukan 7 perbuatan sederhana ini.


1. Sering Mengucap Terima Kasih


Berterima kasihlah kepada siapa saja yang memberikan pertolongan, walau dalam bentuk kecil. Contohnya, ucapkan terima kasih kepada OB di kantor karena sudah membersihkan meja kerja dan menyiapkan kopi. Hal ini akan membuat orang lain merasa “dimanusiakan”. Alhasil, kita akan menerima imbal balik yang sama.


2. Datang Tepat Waktu


Saat menghadiri sebuah janji atau pertemuan, usahakan selalu tepat waktu. Jika terbiasa menghargai waktu, orang lain akan menilai kita pribadi yang tertib. Sikap ini membuat kita dihargai dan dihormati oleh atasan, rekan kerja, maupun bawahan.


3. Mengakui Kesalahan dan Mau Memperbaiki Diri


Tak ada manusia sempurna. Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan. Namun, yang membedakan adalah sikap mau mengakui kesalahan, bukan menutupi atau mencari kambing hitam. Mengakui kesalahan dan bersedia memperbaikinya tidak akan membuat orang lain memandang rendah. Sebaliknya, kita akan dihormati.


4. Tidak Pelit Berbagi Ilmu dan Selalu Mau Belajar


Berbagi ilmu tidak akan membuat kita kekurangan, tetapi malah akan semakin membuat kita cerdas. Ilmu yang dibagikan akan lebih bermanfaat dibanding bila disimpan sendiri. Jangan pula merasa lebih pintar dari orang lain. Kemauan belajar kapan saja dan dengan siapa pun lebih bijak dari pada merasa sok tahu.


5. Menjadi Pendengar yang Baik


Sikap ini mudah, tapi tak banyak yang bisa melakukannya. Terkadang, orang hanya membutuhkan pendengar yang baik saat dilanda masalah. Walau tak memberikan solusi, menjadi pendengar yang baik setidaknya sudah mampu meringankan beban masalah.


6. Memberi Kejutan Kecil untuk Orang di Sekeliling


Tak perlu barang mewah dan mahal untuk memberi kejutan bagi orang lain. Bawakan sedikit oleh-oleh saat kembali dari dinas ke luar kota atau bagikan makanan di kantor. Hal ini akan membuat orang lain menghargai kita.


7. Mengingat Nama Seseorang


Sebisa mungkin, sapa orang lain dengan namanya. Ingatlah nama tetangga dekat, rekan di kantor, atau teman pasangan kita. Walau terkesan remeh, tetapi orang lain akan merasa tersanjung bila kita hafal namanya. Jika sulit untuk dilaksanakan, lakukan secara bertahap. Satu per satu, hafalkan nama orang yang sering kita temui dan sapa.

 

Hal-hal kecil di atas bisa dilakukan kapan saja, dimana pun, dan oleh semua orang. Tak butuh skill dan biaya, cukup lakukan dengan tulus. Nah, dengan melakukan tujuh sikap di atas maka image baik akan melekat pada diri kita. Orang lain pun dengan sendirinya akan lebih menghormati dan menghargai Smart Ladies.

Related posts

Leave a Comment