5 Ide Bekal Sekolah Anak yang Mudah Disiapkan

Hai, Smart Ladies!

Sering kali orang tua khawatir dengan jajanan anak di sekolah sehingga merasa harus membawakan bekal dari rumah. Banyak hal yang dikhawatirkan terkait jajanan di sekolah, seperti kebersihan dan kandungan makanan yang akan memengaruhi kesehatan anak. Untuk itu orang tua harus pandai memilah menu bekal untuk anak agar tidak terjadi kebosanan. Berbagai kreasi perlu dipelajari agar anak selalu senang membawa bekal karena terkadang jajanan di luar tampak menarik ketimbang makanan dari rumah.

Pada prinsipnya, selain membuat tampilan yang menarik, kandungan gizinya juga harus diperhatikan. Karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral adalah hal penting yang harus ada dalam setiap menu anak.

– Karbohidrat sebagai sumber energi utama tubuh bisa didapat dari nasi, roti, mie, kentang, dan pasta.

– Protein untuk memperbaiki dan membentuk sel-sel tubuh bisa didapat dari daging, ikan, ayam, telur, kacang-kacangan, keju, dan lainnya.

– Vitamin dan mineral bisa didapat darisayuran dan buah-buahan. Selain itu, sayuran dan buah merupakan sumber serat yang sangat baik untuk melancarkan pencernaan anak agar terhindar dari sembelit.

Berikut 5 ide bekal anak yang mudah untuk disiapkan.


1.   Onigiri

Onigiri atau nasi kepal bisa menjadi pilihan untuk mengkreasikan nasi. Dengan bentuk segitiga dan dibalut nori atau rumput laut, nasi akan tampak lebih menarik. Filet ikan yang digoreng tepung dan tumis brokoli dapat ditambahkan sebagai lauk.


2.     Omurice

Omurice adalah nasi yang dibalut dengan omelet. Caranya, buatlah omelet telur yang sudah ditambahkan cacahan sayuran, bisa dengan buncis, wortel, brokoli atau sayuran lainnya. Untuk membuat omurice ini mudah sekali, taruh nasi di atas omelet, kemudian gulung. Sebagai pelengkap, selipkan sosis atau bola-bola daging sebagai tambahan.


3.   Roti sandwich


Jika anak sedang bosan dengan nasi, Ladies bisa menggantinya dengan roti. Bekal ini sangat praktis. Isi roti dengan daging atau telur serta keju sebagai sumber protein dan lemak. Tak lupa, tambahkan selada dan tomat sebagai sumber vitamin dan mineral. Untuk menambah rasa, bisa ditambahkan mayonaise. Sebagai pendamping, Ladies bisa menyertakan kentang goreng disamping roti sandwich.


4.  Nasi Bento

Nasi bento adalah nasi yang dicetak dengan berbagai bentuk. Bentuk dan hiasan yang menarik akan menambah selera makan anak. Sayur pelengkap dapat berupa salad yang terdiri dari wortel dan kol dengan tambahan mayonaise atau sayuran ditambah ayam dan bola-bola daging. Sebagai lauk, Ladies bisa menambahkan nugget buatan sendiri dan sayuran sebagai pelengkap.


5.  Mi goreng


Bosan dengan nasi dan sedang tidak selera dengan roti? Mie goreng bisa menjadi alternatif pilihan. Buatlah mi goreng sendiri, bukan dari mi instan. Jangan lupa, tambahkan sayuran seperti sawi, kol, dan kacang polong ke dalam mi goreng. Selain itu, telur mata sapi atau seafood bisa ditambahkan sebagai sumber protein.

Ladies,  jangan lupa juga untuk menyiapkan buah dan air minum, ya. Buah potong bisa dijadikan pilihan agar anak mudah memakannya. Pastikan air putih dalam jumlah yang cukup agar anak tetap terjaga asupan cairannya selama ia di sekolah.

Nah, Ladies, mudah bukan? Semoga menginspirasi.

Sumber gambar: food.detik.com

Related posts

Leave a Comment