Smart Ladies Kurang Minum? Begini Akibatnya

Hai, Smart Ladies
 
Tubuh kita terdiri atas 60% cairan. Jika tidak mendapat asupan yang cukup, akan menghambat metabolisme tubuh. Beberapa ahli diet mengatakan, rata-rata orang harus minum air putih minimal sebanyak 2 liter per hari. Bahkan ada yang mengatakan, banyaknya air putih yang harus dikonsumsi minimal 10 persen dari berat tubuh.
 
Banyak risiko yang terjadi jika tubuh kekurangan asupan cairan, dari efek ringan hingga kematian. Terkadang, demam, pusing, atau lemas bukan gejala penyakit, melainkan alarm tubuh yang kekurangan asupan cairan yang dibutuhkan untuk kerja organ tubuh.
 
Cairan yang diperlukan oleh tubuh adalah air putih, bukan teh, kopi, dan sebagainya. Tidak ada larangan untuk mengonsumsi minuman yang memiliki rasa, namun kita juga harus mau membilasnya dengan 3 kali lipat air putih. Berikut risiko yang harus diwaspadai jika Ladies kurang air minum :
 

1. Lelah dan Marah

Jika Ladies kekurangan cairan tubuh, akan timbul dehidrasi yang merupakan penyebab umum kelelahan. Hal ini disebabkan aliran oksigen dari darah tidak bagus. Sirkulasi darah juga akan terpengaruh bila tubuh mengalami dehidrasi dan ini juga mempengaruhi ingatan serta konsentrasi jangka pendek.

Sebuah studi di jurnal Nutrition Reviews mengatakan bahwa mood seseorang akan terpengaruh karena dehidraasi sehingga membuat orang mudah marah.  

2. Lapar

Salah satu sinyal tubuh yang menandakan ia kekurangan cairan adalah rasa lapar. Jika sekiranya kita sudah mengonsumsi cukup makanan, namun masih merasa lapar, perlu ditinjau kembali asupan cairan tubuh.  

3. Sembelit

Tidak selamanya sembelit disebabkan kekurangan serat. Menurut Ohio State University Wexner Medical Center, kekurangan cairan merupakan salah satu penyebab sembelit. Air membantu saluran pencernaan untuk mengolah makanan, juga membantu usus besar untuk membentuk tinja. Jika tubuh kekurangan air, usus besar akan menyerap air yang ada untuk membantu berkontraksi, dan Ini yang menyebabkan terjadinya sembelit.  

4. Gatal

Kekurangan cairan akan membuat kulit menjadi kering dan kehilangan kelembapan alaminya. Ia juga akan menyebabkan kulit berminyak serta berjerawat. Dermatolog New York City, Sejal Shah, mengatakan bahwa kulit dari tubuh yang mengalami dehidrasi akan terasa gatal.  

5. Infeksi Ginjal

Ginjal yang membersihkan darah sekaligus mengatur cairan tubuh akan bekerja secara optimal jika mendapat asupan cairan yang cukup sebab ginjal berfungsi sebagai penyaring racun dalam tubuh. Jika kekurangan cairan, lama kelamaan ginjal akan mengalami infeksi ginjal


6. Terganggunya Kekuatan Otot dan Sendi 

Air dalam tubuh membantu melumaskan sendi agar tidak terjadi kekakuan, selain itu air juga membantu suplai oksigen ke otak dan ke otot. Terutama saat tubuh sedang berolah raga. 

   

So, Smart Ladies, ada baiknya kita menjaga asupan cairan untuk tubuh. Jangan sampai tubuh mengalami dehidrasi, yang akan mengganggu kesehatan dan daya tahan tubuh.   Nah, Ladies, sudah minum berapa liter air hari ini?  

 

Related posts

Leave a Comment