Ingin Cepat Kaya? Jauhi 7 Sikap Ini!

Menjadi kaya merupakan tujuan bagi banyak orang. Memiliki tabungan banyak, uang berlimpah, dan hidup berkecukupan adalah hal yang diinginkan oleh kita juga, bukan? Namun, seringnya realita tak seindah angan-angan, ya, Smart Ladies.

Banyak faktor yang menghambat kita menjadi kaya. Menumpuknya kebutuhan yang harus dipenuhi, tagihan yang harus dibayar, serta tuntutan biaya hidup sering menguras dana yang tak sedikit. Bukan menjadi kaya, malah setiap akhir bulan kita sering kalang kabut mencukupi kebutuhan hidup.

Bila menjadi kaya merupakan resolusi Smart Ladies di tahun ini, cermati dan jauhi 7 sikap berikut ini.


1. Lifestyle yang Boros

 

Sumber pexels[/caption]

Gaya hidup boros merupakan faktor terbesar penyebab kita susah menjadi kaya. Tak perlu memaksakan diri bergaya dengan busana, tas, sepatu, dan aksesoris brand tertentu yang harganya selangit. Menggunakan barang yang sesuai dengan kemampuan kantong adalah pilihan bijaksana.


2. Jarang Menabung

Sumber pexels

Menyimpan sebagian uang di dalam tabungan merupakan cara mudah menjadi kaya. Hentikan kebiasaan jarang menyisihkan uang untuk disimpan dan menghambur-hamburkannya untuk hal yang tidak penting. Setelah menerima gaji, langsung ambil sebagian pendapatan untuk disimpan.




3. Kecanduan Game Online atau Browsing Tak Penting

Sumber pexels

Mungkin hal ini terlihat sepele, tetapi ternyata anggaran untuk pulsa dan kuota internet merupakan satu pos yang membutuhkan nominal tinggi. Lebih baik browsing yang menghasilkan, misalnya mencari sumber informasi sebagai bahan artikel atau bisnis toko online.


4. Tak Punya Kontrol dalam Pengeluaran Bulanan

Sumber pexels

Akan lebih baik bila Smart Ladies memiliki kontrol pengeluaran rutin bulanan. Buat catatan dan aturan alokasi dana rutin setiap bulannya. Usahakan tertib dan menaatinya. Pengeluaran bulanan yang tidak dikontrol akan membuat kita kedodoran dalam mengatur keuangan.


5. Gelap Mata saat Berbelanja

Sumber pexels

Saat berbelanja bulanan di mal, buat daftar barang yang harus dibeli. Ini menghindarkan kita dari sikap impulsif dan gelap mata saat melihat diskon. Tahan diri dari membeli barang yang tak terlalu penting. Tak perlu membeli barang yang sebenarnya tidak terlalu kita butuhkan, walau harganya murah.




6. Tidak Membuat Rencana dan Target

Sumber pexels

Tidak memiliki rencana untuk masa depan bisa membuat bingung saat mengalokasikan dana yang kita punya. Rencana dan target akan memacu kita mengatur keuangan untuk mencapainya. Buat rencana apa yang harus dicapai dan dimiliki untuk lima atau sepuluh tahun ke depan.


7. Malas Berinvestasi untuk Leher ke Atas

Sumber pexels

Semakin sering kita mengasah kemampuan dan keahlian, semakin tinggi penghargaan yang kita dapat. Otomatis, hal ini juga akan membuat “harga” kita semakin tinggi. Banyaknya pendapatan yang kita terima akan menambah pundi-pundi rupiah di tabungan kita.


Menjadi kaya tidak bisa diraih dalam waktu singkat, semuanya melalui proses dan tahapan yang tidak mudah. Lebih berhati-hatilah dalam mengelola keuangan agar tidak menyesal di kemudian hari. Selain tips di atas, satu hal yang harus dilakukan untuk menjadi kaya, adalah sering berbagi dan bersedekah. Hal ini akan membuat kita tak hanya kaya harta, tetapi juga kaya hati, Smart Ladies.

Related posts

Leave a Comment