Sering Mengalami Mabuk di Perjalanan? Ini Tips Simpel Mengatasinya

Mabuk perjalanan bisa sangat menganggu, ya, Smart Ladies. Gejala ini dapat menyerang siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Hal ini akan membuat kita ketakutan dan enggan melakukan perjalanan jauh.

Mabuk perjalanan disebabkan oleh perbedaan informasi yang diterima oleh otak dan sistem vestibular di dalam telinga. Kondisi ini akan menyebabkan mual, kembung, dan pusing. Bila gejala ini bisa diminimalisir mabuk perjalanan akan teratasi, walau tanpa mengonsumsi obat.

Bila Smart Ladies sering mengalami mabuk perjalanan, ada cara mudah dan simpel untuk mengatasinya. Tak perlu lagi merasa takut berlebihan dan bisa menikmati pemandangan sepanjang perjalanan. Berikut beberapa tips simpel untuk mencegah mabuk perjalanan.

1. Bergerak Seminim Mungkin

Selama perjalanan, usahakan tidak banyak bergerak. Jaga kepala dan tubuh tetap tenang dan sedikit bergerak. Gunakan bantalan kepala atau ganjalan leher agar posisi tubuh dan kepala tetap stabil.

2. Hindari Membaca dan Bermain Gawai

Arahkan pandangan mata pada obyek yang stabil. Jangan membaca atau bermain gawai karena akan memperparah rasa pusing, mual, dan kembung. Bila gejala mabuk perjalanan tak kunjung berkurang, tutup mata saja.


3. Cari Udara Segar

Saat gejala mabuk perjalanan semakin parah, buka kaca jendela kendaraan. Hirup udara segar dari alam bebas. Bila memungkinkan, berhenti sejenak dan keluar dari kendaraan.

4. Relaksasi dan Berpikir Positif

Buat kondisi tubuh dan pikiran serileks mungkin. Mendengarkan musik atau bernapas lebih dalam dan perlahan akan membantu membuat kondisi tubuh lebih tenang serta merasa nyaman.

Sumber pexels

Rencanakan perjalanan secara matang dan tak perlu panik. Kondisi psikis yang tenang akan merangsang tubuh lebih mudah beradaptasi selama di perjalanan.


5. Konsumsi Ubi Jalar Merah atau Jahe

Ubi jalar merah mengandung beta karoten yang berfungsi mengurangi rasa mual dan kembung. Lebih baik lagi jika dikonsumsi dalam keadaan mentah. Selain ubi, jahe juga ampuh untuk mengurangi rasa mual penyebab muntah. Bawa bekal minuman jahe atau permen jahe selama di perjalanan.

Semoga mabuk perjalanan bukan penghalang dalam melakukan perjalanan jauh, ya. Sangat disayangkan bila perjalanan menuju tempat saudara atau kampung halaman terganggu, bahkan batal hanya karena gejala ini. Semoga tips di atas bisa membantu dan perjalanan jauh menjadi lancar.

Related posts

Leave a Comment