Mengenal Perbedaan Diet Keto dan Diet DEBM Sebelum Mengikutinya

Hai, Smart Ladies!

Zaman sudah berubah, Ladies. Begitu pun yang terjadi pada pemikiran wanita zaman sekarang. Perempuan dulu mempunyai prinsip kalau sudah menikah tidak perlu memperhatikan penampilan “sudah laku ini.” Itu perkataan yang kerap didengar.

Wanita zaman sekarang  berbeda, Ladies. Meskipun sudah menikah dan memiliki anak mereka berlomba-lomba menjaga berat badan  agar tetap ideal. Berbagai metode diet ramai diperbincangkan dan diikuti. Salah satu yang  mencuri perhatian adalah diet keto dan DEBM.


Jika Ladies tertarik mengikuti metode diet Keto dan DEBM, simak dahulu perbedaan kedua diet tersebut agar tak menyesal di kemudian hari.


Apa itu Diet Keto dan DEBM?

Kenalan dulu, yuk dengan metode diet yang sempat booming  di pertengahan  tahun kemarin ini.

Diet keto adalah sebutan populer untuk diet ketogenik, yaitu metode diet tinggi lemak dan rendah karbohidrat.

Diet DEBM yaitu Diet yang mempopulerkan telur rebus sebagai menu utama diet. DEBM adalah kependekan dari Diet Enak Bahagia Menyenangkan. Pencetus diet ini mengklaim bahwa orang yang mengikuti metode diet mereka dapat menurunkan berat badan dengan cara yang cepat tanpa harus menghindari makanan enak.


Persamaan Metode Diet Keto dan DEBM

Metode diet keto dan diet DEBM adalah sama. Yakni metode diet rendah karbohidrat, tinggi lemak dan protein.  Cara ini dinilai ampuh untuk membakar lemak yang menumpuk di dalam tubuh. Dalam kondisi tubuh kekurangan  asupsan karbohidrat. Tubuh mulai menggunakan lemak tubuh yang semula hanya cadangan menjadi bahan bakar utama. Ini yang membuat berat badan akan turun dengan cepat karena lemak mulai dikikis sebagai bahan bakar utama bukan cadangan.


Perbedaan Metode Diet Keto dan Diet DEBM

Jika dilihat sepintas metode diet ini terlihat serupa tetapi jika diteliti perbedaannya cukup mencolok, Ladies. Metode diet keto meskipun menerapkan prinsip rendah karbohidrat yaitu hanya 20% dari keseluruhan menu harian dan menghindari nasi, tetapi kita masih boleh memakan karbohidrat pengganti seperti seperti karbohidrat yang berasal dari kentang dan ubi.

Dalam metode DEBM sumber Karbohidrat yang boleh di makan hanya karbohidrat yang berasal dari sayuran, misalnya wortel buncis, dan kubis  selain itu semua sumber karbohidrat pantang dikonsumsi, Ladies.

Lemak yang dimakan dalam Diet keto adalah jenis lemak yang baik, sementara dalam metode diet DEBM yang penting lemak, tidak peduli lemak baik atau lemak jahat.

Dilihat dari Protein yang dikonsumsi juga berbeda, Ladies. Jika kita mengikuti metode Diet DEBM maka kita tidak boleh mengkonsumsi protein nabati seperti tahu dan tempe. Kita hanya boleh memakan jenis protein hewani. Sementara diet keto masih membolehkan kita memakan sumber protein nabati.


Diet Ini Amankah Bagi Kesehatan?

Sampai saat ini metode diet ini masih diperbincangkan para praktisi kesehatan. Penurunan berat badan yang terlalu cepat bisa mencapai dua sampai tiga kilogran per minggu. Membahayakan kondisi tubuh jika dilakukan dalam jangka panjang, mengonsumsi protein yang berlebihan memperberat kerja kerja ginjal.

Sebelum mencoba dua metode ini, ada baiknya Ladies berfikir lagi tentang apa tujuan penurunan berat badan yang ledies jalani. Jika hanya ingin langsing dengan cepat metode ini adalah pilihan. Akan tetapi, saat ingin sehat sebagai investasi jangka panjang lebih baik mencari metode lain atau meminta pendampingan ahli gizi saat proses diet. Semoga bermanfaat Smart Ladies.

Sumber gambar: dietsehat.co.id


Related posts

Leave a Comment