Bersedekah dengan Sampah

Hallo, Smart Ladies!

Sampah rumah tangga beraneka ragam jenisnya, diantaranya adalah sisa-sisa bahan makanan, sisa sampah memasak, plastik, kertas, dan sebagainya. Pernahkah Smart Ladies memisahkan sampah kering dan sampah basah?

Sampah kering adalah sampah yang tidak memiliki kandungan air atau tidak mudah terurai. Adapun sampah basah adalah sampah yang memiliki kandungan air dan bisa terurai. Jenis sampah tersebut biasa dikenal dengan nama sampah organik dan anorganik.

Tahukah Smart Ladies, dengan seplastik botol bekas, atau kardus, bisa membuat orang lain tersenyum? Bahkan, terkadang membuat orang lain berdoa untuk kita. Bagaimanakah caranya?

Caranya mudah sekali,  pisahkan sampah kering dan basah. Tampung sampah kering seperti botol plastik, kardus bekas kemasan susu, kardus makanan fast food, gelas plastik, dan sebagainya pada wadah tersendiri. Bedakan dengan wadah sampah basah.

Berikan sampah kering yang telah terkumpul, pada pemulung yang kita jumpai atau lewat di depan rumah. Insya Allah, ia akan senang sekali. Anggaplah sebagai sedekah tak bermodal. Membuat orang lain senang merupakan bentuk sedekah juga, bukan?

Satu atau dua botol bekas memang tidak ada artinya bagi kita. Tetapi untuk para pengais rejeki dari tempat sampah, merupakan harta karun yang luar biasa. Mereka rela mencari dan menahan bau sampah yang ditemui, demi mendapatkan sebotol atau dua botol bekas.

Tak jarang, anak kecil turut memulung demi membantu perekonomian keluarga. Pernahkah Smart Ladies melihat anak kecil sedang duduk di depan tempat sampah sebuah toserba? Dia rela merogoh-rogoh tempat sampah, hingga akhirnya hanya menemukan 2 botol plastik saja. Terlihat karung yang dibawanya masih mlompong, dia pun bergegas mencari tempat sampah yang lain.

Mereka tidak mengemis. Mereka tidak meminta-minta. Mereka mengumpulkan barang-barang bekas tidak terpakai yang sudah dibuang. Lalu dijual kepada pengepul untuk mendapatkan beberapa rupiah. Uang tersebut digunakan untuk keperluan sehari-hari, di antaranya untuk makan.

Apalagi, jika kita bisa mengumpulkan lebih banyak, pemulung yang kita beri akan sangat senang. Berkuranglah sedikit beban mereka untuk mengumpulkan sampah yang mereka cari. Coba Smart Ladies, rasakanlah sensasi hati saat melihat senyum dan ucapan terima kasih dari mereka.

Mulai hari ini, kita pisahkan sampah yuk, Smart Ladies. Kita bersedekah tanpa modal. Insya Allah, menjadi satu kebaikan yang akan meringankan langkah kita. Aamiin.

Related posts

Leave a Comment