8 Brand Cokelat Khas Indonesia Ini Wajib Dicoba Penggemarnya

Cokelat Khas Indonesia

Hai, Smart Ladies!

Apa yang terbayang di pikiran Ladies saat berbicara tentang cokelat? Tentu Ladies membayangkan makanan manis terkadang sedikit pahit yang konon katanya bagus untuk menghilangkan stres bukan?. Selain itu, yang terbayang adalah negara Swiss, negara dengan banyak brand cokelat di pasaran Indonesia, di samping Belanda dan Denmark sebagai negara penghasil cokelat terbesar di dunia.

Bagaimana dengan cokelat Indonesia? Jangan salah,tanaman kakao sebagai bahan dasar cokelat, ternyata sebagian besar dari Asia lo! Indonesia salah satunya. Bahkan, saat ini sudah banyak diproduksi brand cokelat khas Indonesia. Meski proses produksi masih dalam lingkup kecil, rasanya tidak kalah dengan buatan luar negeri. Ladies yang mengaku penggemar cokelat wajib mencoba.

Yuk, simak 8 brand cokelat khas Indonesia ini!

 

1. Chocodot

Chocodot adalah brand cokelat dari Garut, kota yang sebelumnya terkenal dengan dodolnya. Oleh karena itu, Chocodot mempunyai rasa khas cokelat dodol. Smart Ladies dan keluarga harus mencoba jika berkunjung ke wilayah ini. Cokelat dikemas dengan unik, misalnya Chocodot, Cokelat Rasa Sayang.

2. Cokelat Monggo

Brand Cokelat Monggo berasal dari Yogyakarta. Cokelat ini diberi rasa yang berbeda, seperti rasa durian, jeruk, jahe, dan pala. Cokelat Monggo menambah variasi oleh-oleh khas Yogyakarta yang sudah terkenal.

3. Pod Cokelat

Pod cokelat mulai diproduksi sekitar tahun 2012 di Bali. Cokelat yang berasal dari tanaman kakao jenis trinatario ini memang mempunyai produktivitas tinggi dan bentuknya bermacam-macam. Keunggulan lain Pod Cokelat adalah pemanis yang menggunakan bunga lontar, bukan gula putih seperti cokelat lain.

Tempat produksi Pod Cokelat tepatnya ada di daerah Tabanan, Bali. Jika berkunjung ke sini, Ladies dapat sekaligus dapat melihat proses produksinya.

4. Wonder Chocolate Big Tree Farms Bali

Tidak hanya Pod Cokelat yang ada di Bali. Wonder Chocolate Big tree Farms Bali ikut meramaikan brand cokelat khas Indonesia. Wonder Chocolate berasal dari kakao organik dengan pemanis wonder chocolate.

5. Soklate Jogja

Tempe merupakan makanan khas Indonesia. Makanan yang berasal dari fermentasi kacang kedelai ini dapat diolah menjadi berbagai macam. Di Yogyakarta, secara kreatif dibuat cokelat yang dipadu dengan tempe, yang diberi nama Soklate Jogja. Smart Ladies dapat menjadikannya oleh-oleh jika berkunjung ke kota ini. Selain rasa tempe, Soklate Jogja juga diproduksi dengan berbagai rasa lain, seperti jeruk, pisang, dan sebagainya.

6. Fondre

Jika cokelat umumnya berisi kacang mede, Fondre berbeda. Brand cokelat khas Jawa Timur ini adalah cokelat edamame, cokelat yang berisi kacang edamame, sejenis kacang kedelai.

7. Delicacao

Satu lagi cokelat khas Indonesia yang diproduksi di Bali, yaitu Delicacao. Cokelat ini diproduksi di Tabanan, Bali. Sesuai dengan kondisi tanah di Tabanan yang mempunyai keasaman tinggi, buah kakao yang dihasilkan mempunyai aroma dan rasa khas. Delicacao merupakan cokelat dengan rasa frutty dan berry agak sepat.

8. Soklat Inyong

Soklat Inyong, dalam Bahasa Indonesia berarti “cokelat saya”, berasal dari Purwokerto. Cokelat diproduksi secara rumahan dengan rasa orisinal, kacang mede, kayu manis, dan almond.

Masih banyak brand cokelat yang mulai diproduksi di Indonesia. Sayang jika dilewatkan. Jika kebetulan Ladies penggemar cokelat berkunjung ke daerah-daerah produksi tersebut, cobalah untuk membeli. Rasanya tidak kalah dengan cokelat impor. Dijamin Smart Ladies akan ketagihan. Selamat mencoba!

Related posts

Leave a Comment