Masih Galau dengan Masa Lalu? Lakukan 3 Hal ini agar Cepat “Move On”

Masa lalu adalah waktu yang telah kita lewati dan tidak mungkin kembali lagi. Sering kali, Kenangan akan sebuah peristiwa yang sangat membekas masih terbawa dalam menghadapi masa depan.

Masa lalu tidak selalu berupa kisah sedih dan penuh luka. Terkadang, masa lalu sering dirindukan dan menjadi kenangan yang membahagiakan. Pernakah Ladies, berharap waktu bisa berputar kembali agar bisa menikmati masa lalu atau mengobati luka hati?

Mengingat masa lalu tidaklah salah, asal caranya benar. Masa lalu ibarat spion pada kendaraan bermotor yang sesekali perlu dilihat untuk memberi dukungan dalam menjalani kehidupan. Sejarah yang telah terjadi takkan bisa hilang atau berganti. Kenangan yang sudah terukir jadikanlah pelajaran hidup.
Masa lalu yang buruk, jadikan pembelajaran untuk menghadapi masa depan. Namun terkadang, kebanyakan dari kita belum bisa “move on” dari kenangan buruk tersebut sehingga menetaplah rasa kesedihan dan sakit hati dalam kalbu.

Jadi, bagaimana caranya move on dari kenangan buruk di masa lalu? Berikut 3 cara ampuh untuk segera move on.


1. Yakin Adanya Allah

Berhenti menyalahkan keadaan, seseorang, atau diri sendiri. Yang sudah terjadi, biarkanlah. Jangan kotori dengan pengandaian yang akan membuat kita secara tidak langsung menyalahkan Allah. Semua yang terjadi sudah menjadi ketetapan Allah. Bahkan, daun kering yang jatuh pun atas seizin-Nya. 

Secara tidak sadar terkadang kita merasa yang Allah tetapkan adalah kesalahan. Hal tersebut ditandai dengan kekecewaan yang berlarut-larut atas apa yang terjadi. Saat itu juga, tanpa disadari kita telah meragukan keberadaan Allah. Naudzubillah.
Libatkanlah Allah dalam setiap urusan sebagai bentuk pengakuan atas keberadaan-Nya yang maha mengatur segala sesuatu.


2. Berlapang Dada

Lapang dada adalah kondisi saat hati merasa ikhlas. Jika sudah berlapang dada, tidak akan ada dendam, dan kita bisa memaafkan walau belum dapat melupakan. Masa lalu dapat dijadikan bahan instropeksi diri, perbanyak istighfar, dan berhenti menyalahkan apa pun. Insya Allah, Allah akan bantu kita berdamai dengan masa lalu perlahan-lahan.
Memperbanyak rasa syukur juga akan menambah kedamaian di hati.


3. Tetap Positif

Lakukan kegiatan positif yang membuat wawasan kita tumbuh dan berkembang. Bergabunglah di lingkungan orang-orang yang berenergi positif karena lingkungan besar pengaruhnya bagi kita.

Intinya, masa lalu tetaplah masa lalu, takkan menjadi hari ini ataupun hari yang akan datang. 

Smart Ladies, mari jalani hari-hari penuh dengan rasa syukur karena Allah akan menambahkan nikmat-Nya jika kita pandai bersyukur. Namun, jika kita mendustakannya, azab Allah akan menanti.

Related posts

Leave a Comment