Tips Menghemat Kuota Data Internet

Halo, Ladies!

Saat ini, telepon cerdas  menjadi salah satu penunjang kebutuhan komunikasi dan pekerjaan. Hal ini dikarenakan perangkat komunikasi  tersebut  didukung layanan berbasis internet. Oleh karena itu,  ketersediaan kuota data sangatlah penting agar dapat terus terkoneksi dengan internet.

Beralasan penghematan biaya ini, banyak pelanggan memilih paket data internet yang mempunyai jangka waktu tertentu, baik harian, mingguan, maupun bulanan. Namun,  intensitas penggunaan yang tinggi membuat kuota data lebih cepat habis dari jangka waktu berlakunya. 

Kuota data internet yang akan habis biasanya ditandai dengan proses loading yang lama. Beberapa hal ini dapat Ladies lakukan untuk menghemat pemakaian data internet.

Jika berada di area WiFi, sebaiknya manfaatkan fasilitas tersebut. Hal ini tentu saja akan bisa menghemat kuota karena tidak digunakan. Ladies bisa menggunakannya untuk mengunduh  atau berselancar


2. Batasi Streaming Video

Yang paling menguras kuota data adalah pemutaran streaming video, seperti YouTube atau aplikasi streaming lainnya. Tidak ada alternatif lain untuk mencegah hal ini, kecuali Ladies harus mengontrol diri agar tidak terlalu sering menonton streaming video.


3. Matikan Auto Sync

Aplikasi daring dalam smartphone turut mengurangi kuota data saat memunculkan pemberitahuan, seperti email masuk atau komentar di Facebook. Jika tidak memerlukan perberitahuan secara terus menerus, sebaiknya matikan sistem auto sync.


4. Atur Penggunaan Data


Terkadang,  kita mengunduh aplikasi yang tidak perlu, padahal hal ini berpotensi mengurangi data kuota.
Untuk mengatasinya, hapus atau lakukan pembatasan penggunaan data. Caranya, pilih menu setting dan klik “data usage“. Dalam menu tersebut, kita dapat melihat aplikasi apa saja yang memakan data internet. Centang aplikasi yang kurang penting dan matikan aktivitas internet backgound-nya.


5. Pilih Browser


Sebaiknya,  Ladies bijak memilih web browser  yang tepat. Browser yang baik akan mampu mengompres (memperkecil ukuran) file gambar sebelum loading, seperti Opera Mini.

Demikian, Ladies, hal-hal yang dapat dilakukan agar kuota data internet bisa lebih hemat. Selamat mencoba.





Related posts

Leave a Comment