Mengenal Manfaat Luar Biasa Kulit Bawang


Hallo, Smart Ladies. 

Saat kita mengupas bawang, sudah pasti kulitnya dibuang. Jangan salah! Sebenarnya, bukan hanya daging bawang saja yang bisa dibuat bumbu penyedap, memenuhi asupan nutrisi dan gizi, serta obat alami mengatasi beragam penyakit.  Bagian kulitnya juga banyak manfaatnya jika kita berkenan mengolahnya. 

Menurut Dr. Marilyn Glenville, mantan pimpinan The Food and Health Forum at the Royal Society of Medicine, banyak manfaat kulit bawang yang sering diabaikan.  Padahal, kulit bawang mengandung senyawa alami penting untuk tubuh.  Hal ini selaras dengan hasil penelitian di Jepang, kulit bawang putih sudah terbukti mengandung enam senyawa alami bagi kesehatan tubuh. 

Hasil yang tak jauh berbeda juga terdapat pada kulit bawang merah. Dibandingkan dagingnya, quercetin merupakan antioksidan kuat yang dikenal dapat membantu mengatasi permasalahan yang terjadi dalam tubuh. Plant Foods For Human Nutrition menyebutkan,  warna merah kecokelatan pada kulit bawang tak hanya menunjukkan tingginya jumlah quercetin,  tapi juga memiliki sifat anti-karsinogenik.

Yuk,  kita kupas apa saja manfaat kulit bawang untuk kesehatan. 

Menjaga Kesehatan Jantung

Kulit bawang bisa berperan penting untuk melindungi organ jantung.  Dr. Marilyn mengungkapkan, jika kita mengupas bawang putih,  berarti sama saja menghilangkan antioksidan berupa Phenylpropanoid.  Padahal, senyawa tersebut berguna melindungi organ jantung. 

Sedangkan kulit bawang merah diperkaya senyawa Fenolik guna mencegah terjadinya penyakit jantung koroner.  Jadi, jika ingin mengambil manfaatnya, cobalah mencampurkan kulit bawang ke dalam masakan. 

Sebagai Obat Anti Penuaan Dini

Sumber gambar PINTERETS

Dr. Marilyn menjelaskan, Phenylpropanoid pada kulit bawang putih tidak sekadar menunjang kesehatan jantung,  tetapi juga dapat memberikan efek anti penuaan bagi tubuh.

Penuaan dini bisa disebabkan faktor mengonsumsi makanan tidak sehat sehingga berdampak pada kesehatan kulit. Untuk mengatasinya, cobalah mengatur kembali pola makan, banyak minum air putih, dan terapkan gaya hidup sehat. Jangan lupa untuk menambahkan kulit bawang ke dalam makanan harian, untuk melindungi kulit dari bahaya radikal bebas.

Menurunkan Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi)

Tekanan darah tinggi bisa dihindari dengan mengonsumsi kulit bawang merah.Weight Loss Resources menunjukkan bahwa kandungan Qurcetin bukan semata-mata menjadi pewarna alami/ pigmen kulit bawang merah, tetapi juga memiliki efek antiinflamasi dan dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Mencegah Strok

Jumlah quercetin dalam kulit bawang merah bisa mencegah munculnya plak di arteri. Plak di arteri tubuh yang menumpuk  dapat menimbulkan penyakit strok. Mengomsumsi kulit bawang merah secara rutin akan mampu mengurangi penumpukan plak tersebut.

Membantu Program Diet

Kulit bawang merah atau putih sama-sama bagus untuk diet.  Kandungan serat yang tinggi  mampu membantu melancarkan penurunan berat badan. Hasil studi pada Plant Foods for Human Nutrition menjelaskan bahwa kulit bawang memiliki banyak kandungan serat,  baik yang larut atau tidak, dan semuanya mampu dicerna oleh tubuh. Bedanya, serat larut cenderung menghilangkan limbah usus besar dan  menjaga pH usus agar tetap normal. Serat tak larut berguna menjaga kondisi tubuh secara reguler dan mengoptimalkan gerakan usus. 

Semoga bermanfaat!

Related posts

Leave a Comment