Hindari Menyimpan 7 Bahan Makanan Ini di Kulkas!

Smart Ladies, kulkas adalah piranti rumah tangga yang berguna untuk menyimpan makanan agar lebih tahan lama. Hampir semua bahan makanan tersimpan rapi di dalamnya mulai dari sayuran, buah-buahan, hingga peralatan make up.

Namun, tahukah Smart Ladies, tak semua bahan makanan bisa disimpan di kulkas. Selain bisa mengubah tekstur dan rasa, juga dapat semakin mempercepat proses pembusukan. Lalu, apa saja bahan makanan yang sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas? Berikut daftarnya.


1. Kentang

Sebaiknya kentang disimpan dalam suhu ruang. Bungkus kentang dalam kantong kertas dan letakkan dalam suhu ruang yang sejuk. Menyimpan kentang di kulkas akan mengubah tekstur menjadi kasar dan sari pati kentang menjadi gula. Hal ini membuat rasa kentang menjadi manis menyengat saat dimasak.

2. Mentimun

Bila ingin menjaga mentimun lebih tahan lama, sebaiknya cukup diletakkan pada suhu ruang saja. Namun, bila tetap ingin menyimpan di dalam kulkas, bungkus terlebih dahulu menggunakan plastik tertutup untuk menghambat perubahan tekstur menjadi lembek. Hal ini juga akan menghambat terjadinya proses pembusukan.


3. Tomat

Tomat yang disimpan di dalam kulkas akan lebih cepat matang dan busuk. Tekstur tomat akan berubah menjadi lembek, kusam, dan rasanya tidak optimal. Menyimpan tomat dalam suhu dingin akan menghilangkan nutrisinya. Lebih baik simpan tomat di tempat dengan sirkulasi udara yang lancar.


4. Alpukat

Kulkas akan menghilangkan rasa dan tekstur asli buah alpukat. Suhu rendah dapat membuat alpukat cepat busuk. Lebih baik simpan alpukat di suhu ruang dan dekat dengan pisang karena gas pada pisang dapat mempercepat pematangan alpukat. Bila ingin menikmati alpukat dalam keadaan dingin, masukkan ke dalam kulkas 30 menit sebelum disantap.

5. Mentega

Menyimpan mentega di dalam kulkas akan membuatnya mengeras dan susah meleleh. Lebih bagus, simpan mentega di suhu ruang, maksimal selama 1 minggu.


6. Minyak Goreng

Minyak goreng sebaiknya disimpan dalam suhu ruang dan tempat gelap. Bila disimpan di dalam kulkas akan membuatnya membeku dan mengental. Sebenarnya, minyak goreng juga mampu bertahan lama tanpa harus dimasukkan ke dalam lemari pendingin.

7. Roti

Masa layak konsumsi roti maksimal adalah 3 hari. Simpan roti dalam tempat kedap udara dan suhu ruang. Bila tidak sanggup menghabiskan dalam kurun waktu 3 hari, lebih baik masukkan ke dalam tempat tertutup dan letakkan di freezer. Bila hanya disimpan di kulkas saja, teksturnya akan menjadi keras dan kasar.

Tak semua bahan makanan bisa diawetkan dan disimpan di kulkas, Smart Ladies. Menyimpan dan mengolah bahan makanan dengan tepat akan membuat nutrisinya tetap terjaga. Lebih baik, jeli dan teliti dalam menangani bahan makanan demi keluarga tercinta, ya.

Related posts

Leave a Comment