Cara Atasi “Pregnancy Brain” pada Ibu Hamil

Hai, Smart Ladies.

Momnesia atau pregnancy brain merupakan gejala yang wajar dan biasa membuat Ladies menjadi pelupa saat hamil. Hal ini umum terjadi pada ibu hamil (Bumil). Kondisi ini sering disebut mitos, tetapi tim menemukan adanya penurunan signifikan pada fungsi kognitif, memori dan fungsi eksekutif sebagai multitasking pada bumil. Ini terjadi biasanya pada tiga bulan terakhir kehamilan.

Ketika hamil, bagian otak yang bernama grey matter mengalami penyusutan. Grey matter adalah komponen utama pada sistem inti di saraf pusat. Bagian ini menyusut dikarenakan sistem saraf bekerja di area yang lebih spesifik saat hamil, yaitu area yang memproses dan merespon tanda-tanda sosial.

Menurut instruktur klinis di Departemen Obstetri dan Ginekologi Northwestern Memorial Hospital, Chicago, Melissa Dugan-Kim, sebanyak 25 persen pasiennya yang hamil dan baru melahirkan menjadi sedikit pelupa.

Nah, jika Ladies mengalami pregnancy brain, yuk simak cara mengatasinya:

1.Buat Catatan di Ponsel

Sumber gambar pixabay

Kita bisa menuliskan segala sesuatu di ponsel sehingga memiliki daftar apa yang akan kita lakukan. Hal ini sangat membantu ketika berbelanja ke supermarket, pasar, atau saat melakukan sesuatu di luar rutinitas.

2. Bermain Game yang Bisa Mempertajam Memori

Permainan sudoku, permainan kata, dan masalah logika bisa membantu pikiran dan tentunya mempertajam memori. Coba atasi dengan mengisi buku teka-teki silang atau koran, lalu lengkapi salah satunya.

3.Cukup Tidur

Sumber gambar pixabay

Ketika hamil, biasanya memang sulit tidur, tetapi tidur bisa membantu menguatkan memori. Memori memiliki tiga fungsi, membuat ingatan stabil, memperkenalkan informasi baru, dan ingatan. Dengan tidur yang cukup bisa membantu ketiga fungsi ini.

4.Ucapkan dan Ulangi Hal yang Akan Dikerjakan

Ucapkan lalu ulangi dengan keras bisa menjadi hal yang mudah dilakukan supaya tidak mudah lupa. Para ahli berkata bahwa pengulangan akan membantu mentransfer informasi dari memori jangka pendek ke penyimpanan permanen.

5. Komsumsi Makannan yang Kaya DHA dan Omega-3

Mengonsumsi makanan yang kaya DHA dan omega-3 tidak hanya memperkuat memori, tapi juga baik untuk kesehatan janin. Makanan seperti telur, kacang walnut, salmon, dan cranberry sangat bagus untuk ingatan. Jangan lupa untuk memimum banyak air putih sepanjang hari. Jika Ladies kurang minum kemungkinan besar akan kurang konsentrasi serta sakit kepala.

Nah, Ladies, demikian 5 tips yang bisa dipraktikkan saat mengalami pregnancy brain.

Related posts

Leave a Comment