Beberapa Fakta Tentang Gula yang Perlu Ladies Ketahui

Halo, Smart Ladies!

Apa yang Ladies pikirkan saat mendengar kata “gula”? Makanan manis yang memanjakan lidah, diet, atau diabetes? Gula adalah bahan makanan yang mengandung karbohidrat utama. Biasanya gula berasal dari sari tebu atau nira yang berasal dari tumbuhan berjenis Palem. Ada juga gula yang berasal dari buah-buahan yang disebut fruktosa.

Gula sering dianggap  sebagai penyebab beberapa penyakit. Betulkah demikian? Agar tidak salah, alangkah baiknya kita memahami beberapa fakta tentang gula berikut ini.


1. Fungsi Gula untuk Tubuh

Gula adalah karbohidrat yang berguna dalam proses pembentukan energi bagi tubuh. Inilah sebabnya, jika kita kekurangan makanan yang manis, menyebabkan tubuh lemas tidak bertenaga, Ladies.


2. Gula Sama dengan Kegemukan, Benarkah?

Banyak orang menghindari gula dengan bebagai alasan. Alasan paling populer adalah takut gemuk dan takut terkena penyakit diabetes. Akan tetapi, benarkah gula adalah penyebab kegemukan?

Ladies, apa yang Ladies rasakan setelah mengonsumsi makanan manis? Biasanya jika kita mengonsumsi makanan manis kita akan sulit untuk berhenti makan, bukan? Ada juga sebagian orang yang lebih cepat merasa lapar jika sarapan dengan sesuatu yang manis.

Konsumsi gula berlebihan akan menekan dan menonaktifkan hormon leptin. Hormon leptin adalah hormon yang bertugas mengirim sinyal kenyang ke otak jika makanan yang kita konsumsi sudah mencukupi. Itulah sebabnya mengapa makanan yang mengandung gula dihindari dalam berbagai metode diet.


3. Menghindari Gula Berisiko Terserang Diabetes Tipe 2

Stigma yang mengatakan bawa gula adalah penyebab kegemukan membuat banyak orang menghindari gula secara berlebihan. Ada rasa was-was saat menikmati makanan manis. Ladies, gula tidak harus ditakuti karena tubuh kita membutuhkannya agar dapat berfungsi optimal. Kita hanya disarankan untuk membatasinya asupannya agar  gula menjadi sumber manfaat bagi tubuh. Kita justru berisiko terserang diabetes Tipe 2 lebih tinggi jika sama sekali tidak mengonsumsi gula

Ladies, saat kita tidak memasukkan gula sama sekali ke dalam tubuh, pankreas menjadi malas karena tak ada yang bisa diproses. Lama-kelamaan, organ pengontrol gula darah kita menjadi rusak layaknya mesin yang jarang difungsikan.


4. Cukup Empat Sendok Makan Gula Per Hari

Jika menghindarinya tidak boleh dan mengonsumsinya secara berlebihan juga tidak baik. Solusi terbaik adalah mengonsumsi sesuai kebutuhan. Faktanya Ladies, tubuh kita hanya membutuhkan gula sekitar 50 gram per hari atau setara dengan 4 sendok makan. Asupannya bisa berasal dari berbagai sumber baik makanan, minuman, dan buah-buahan.

Nah, Ladies, demikian beberapa fakta tentang gula agar tetap bisa menikmati manisnya hidup, kita tetap menikmati makanan manis, asal tidak berlebihan.


Related posts

Leave a Comment