5 Penyakit yang Mengintai pada Saat Menggunakan Toilet Umum

Hai, Smart Ladies!

Toilet umum adalah fasilitas untuk buang air kecil atau besar yang disediakan untuk umum. Fasilitas ini terdapat di mana-mana seperti, di mal, masjid, pasar, terminal, dan lain-lain. Terbayang dong, semua orang dengan bermacam tingkat kebersihan, dan masalah kesehatan menggunakannya. Walaupun ada yang membersihkan, tidak menjamin toilet terbebas dari kuman penyakit.
Diketahui ada beberapa penyakit yang berbahaya mengintai pada saat menggunakan toilet umum ini. Penasaran? Yuk, simak ulasannya di bawah ini:


1. Infeksi Bakteri dan Penyakit Kulit

Infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan kuman dari penderita yang menggunakan toilet secara bersama-sama. Misalnya, bakteri Enteribacteriaceae memicu penyakit ginjal dan shigellosis, bakteri Streptococaceae penyebab sakit tenggorokan dan radang paru-paru. Bakteri ini berkembang biak di air. Selain itu berbagai kuman penyebab penyakit kulit yang sangat mudah menyebar di tempat umum.

2. Infeksi Jamur

Penggunaan kloset duduk lebih rentang terhadap penyakit akibat infeksi jamur atau kuman. Hal ini ditularkan melalui pengguna kloset yang telah terkena penyakit ini. Ada dua jenis penyakit infeksi jamur akibat dari penggunaan kloset duduk yaitu, Tinea krusis dan kandidias. Oleh sebab itu sebelum menggunakan kloset duduk bersihkan terlebih dengan tisu basah.

3. Penyakit Menular Seksual

Bakteri penyebab penyakit seksual ini mudah menular melalui toilet umum. Penyebarannya dapat melalui, air, kloset duduk, dan benda lain.


4. Sakit Perut

Bakteri E. coli dapat menyebabkan diare serta kram perut. Bakteri ini dapat bertahan hidup pada air yang terkontaminasi. Pada toilet, bakteri ini akan bertahan hidup di bak air.


5. Infeksi Vagina

Penyebaran kumannya hampir sama dengan penyakit seksual. Bedanya kuman ini memicu penyakit yang menyerang organ reproduksi wanita misalnya, keputihan, atau infeksi vagina.

Ladies, setelah mengetahui penyakit yang mengintai di toilet umum, mulai saat ini berhati-hati, ya. Sediakan air dalam botol plastik sebagai persiapan untuk membersihkan diri setelah buang air kecil. Selain itu, bawa juga tisu basah untuk membersihkan kloset duduk jika akan buang air besar, satu lagi handuk kecil atau tisu untuk membersihkan diri, agar tidak lembab pada kemaluan. Semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Comment