Yuk, Kenali Perbedaan Gula Pasir Kuning dan Putih

Gula Pasir Kuning dan Putih

Halo Smart Ladies.

Gula pasir atau gula putih merupakan salah satu dari sembilan bahan pokok di Indonesia. Berarti, keberadaanya sangat penting, khususnya untuk konsumsi sehari-hari.

Di pasaran terdapat dua jenis gula pasir yang dijual, gula pasir kuning dan putih. Konon, gula pasir berwarna kuning mempunyai rasa lebih manis dibandingkan yang berwarna lebih putih. Namun, banyak orang memilih gula pasir putih karena terlihat lebih bersih. Benarkah demikian?

Untuk menjawab pertanyaan di atas, yuk, kenali perbedaan gula pasir dan gula kuning sebagaimana dijelaskan di bawah ini!

1. Warna

Perbedaan warna yang paling jelas terlihat antara gula pasir kuning dan putih. Seharusnya, memang gula asli tidak berwarna putih. Ini dikarenakan tebu, bahan dasar pembuat gula, mengandung molasses berwarna kecoklatan. Cairan molasseslah yang memberi rasa manis pada gula.

Gula pasir yang berwarna putih sudah mengalami proses penyulingan lebih lanjut. Ini menyesuaikan dengan tuntutan pasar yang menganggap warna kuning terlihat lebih kotor dibandingkan warna putih. Penyulingan atau rafinasi dilakukan untuk menghilangkan warna molasses tanpa menghilangkan rasanya. Proses ini menyebabkan gula pasir putih pada beberapa merek dijual dengan harga sedikit lebih mahal.


2. Rasa

Tidak dapat dipungkiri bahwa ketika proses rafinasi, menyebabkan beberapa bagian cairan molasses yang ikut terbuang. Jadi, bukan sekadar mitos jika gula pasir berwarna kuning rasanya lebih manis.


3. Aroma

Cairan molasses mengeluarkan aroma yang khas seperti karamel. Otomatis aroma ini akan tercium di gula pasir kuning, sementara gula pasir putih tidak mengeluarkan aroma apa pun. Proses penyulingan juga ikut menghilangkan aroma molasses.


4. Manfaat

Berdasarkan warna, aroma, dan rasa yang sedikit, gula pasir kuning dan putih lebih pas digunakan untuk keperluan yang berbeda. Gula pasir putih sangat cocok untuk membuat kue, seperti bolu, jelly, kue-kue kering, dan lain-lain. Gula pasir putih tidak akan memengaruhi warna dan aroma kue. Adapun untuk membuat minuman teh, susu, cokelat, dan kopi, Ladies dapat menggunakan gula pasir kuning. Aroma karamel yang dikeluarkan akan menambah kenikmatan minuman.

Itulah 4 perbedaan gula pasir kuning dan putih. Namun, nilai gizi dan komposisi yang terkandung di dalamnya tidak berbeda. Jadi, apa pun yang Smart Ladies pilih untuk konsumsi sehari-hari tidak akan berpengaruh besar.

Semoga bermanfaat!

Related posts

Leave a Comment