Mengenal Copywriting, Teknik Menjual lewat Tulisan

Hai, Smart Ladies

Menulis bertujuan untuk menuangkan pikiran atau gagasan serta sebagai sarana menginformasikan sesuatu. Berbagai jenis tulisan tercipta dari kegiatan menulis. Artikel, tulisan fiksi, karya sastra, dan sebagainya merupakan hasil dari menulis. Smart Ladies suka menulis?

Ternyata, tulisan juga bisa digunakan untuk menjual sesuatu. Tulisan ini dikenal dengan nama copywriting. Di dunia marketing, tulisan seperti ini berisi ajakan atau menjual produk dan jasa. Tujuannya adalah mengirim sebuah pesan yang mampu menghipnotis para pembacanya untuk mengikuti maksud tulisan tersebut. 

Untuk bisa membuat tulisan copywriting ini, Ladies harus jeli melihat keterkaitan antara informasi dan sesuatu yang ingin ditawarkan. Ada beberapa jenis tulisan copywriting yang populer. Berikut 5 diantaranya :


1. Copywriting Kreatif

Seorang copywriter kreatif biasanya memiliki background marketing, meski beberapa di antaranya yang mampu melakukan karena bakat. 

Dalam copywriting kreatif, diperlukan konten yang unik dan memicu tindakan share atau viral. Penulis berbakat memerlukan kata-kata yang kreatif untuk bisa menghasilkan sebuah ide.



2. SEO Copywriting

SEO merupakan kependekan dari Search Engine Optimization, sesuatu yang berhubungan dengan optimasi pada mesin pencari. SEO Copywriting yaitu tulisan yang mengoptimalkan kata kunci pada elemen penting dari SEO. Hal ini dilakukan untuk menaikkan traffic pengunjung pada sebuah website.

SEO copywriter harus fokus pada kata kunci yang disebutkan beberapa kali dalam postingan artikel. Minimal, kata kunci harus diulang 10 kali dalam 500 kata pada sebuah artikel. Jika diperlukan untuk mengoptimalkannya, sebuah kata kunci digunakan sehingga sebesar 2 persen.


3. Copywriting Teknis

Dalam menulis, seorang copywriter teknis harus memiliki pengetahuan luas tentang bidang tertentu. Mereka biasanya bukan seorang profesional ahli, tetapi dilatih untuk menulis karena memiliki wawasan yang luas tentang suatu topik.

Sebagai contoh, topik proses perkawinan antar tumbuhan akan ditulis dengan baik oleh ahli pertanian, daripada penulis biasa.


4. Copywriting Penjualan

Copywriter penjualan harus dapat membuat kata-kata yang meyakinkan pembaca atau pelanggan tentang sebuah produk. Biasanya, penulis copywriting jenis ini memiliki background marketing atau penjualan.

Jenis tulisan ini memakai gaya bahasa yang bisa memengaruhi pembaca sehingga sikap, kepercayaan, dan perilaku pembaca akan mengikuti apa yang diinginkan penulis.

Copywriter penjualan akan mengalami kesulitan jika diminta untuk menjadi copywriter teknis.


5. Copywriter Konten

Seorang copywriter konten harus mampu membuat pembaca melakukan sebuah tindakan dari hasil tulisannya. Copywriting konten menampilkan tulisan yang memberikan informasi tentang sebuah cara atau panduan, tutorial, dan masih banyak lagi. Tulisan konten haruslah berisi informasi yang menarik bagi pembaca dan disesuaikan dengan tema dari website atau blog yang bersangkutan.

Sebuah penjualan barang atau jasa mungkin memerlukan sebuah copywriting penjualan untuk meyakinkan pembaca atau pelanggan agar tertarik pada produk layanan tertentu.

Nah Ladies, berminat menjadi copywriter?

Related posts

Leave a Comment