6 Tips Mempersiapkan Liburan Akhir Pekan Menggunakan Mobil Pribadi

Hai, Smart Ladies!

Liburan bersama keluarga tidak harus berlangsung lama. Berlibur sehari atau dua hari di akhir pekan cukup menyegarkan pikiran dan tubuh setelah sepanjang minggu beraktivitas. Liburan pendek dapat menjadi pengalaman menarik. Banyak pengalaman yang akan diperoleh di tempat tujuan wisata, apalagi kalau tempat  tersebut  baru pertama kali dikunjungi. Sebelum menempuh perjalanan ke tujuan wisata, kita perlu persiapan yang baik agar semua kegiatan berjalan lancar. Persiapan yang perlu diperhatikan  antara lain:



1.Persiapkan Kendaraan Pribadi

Sebelum berangkat berlibur, bawa mobil ke bengkel untuk cek aki, setir, perseneling, oli mesin, filter bensin, rem, radiator, dan lainnya untuk cek kelayakan kendaraan menempuh perjalanan luar kota. Perlengkapan P3 K, dongkrak ban, dan ban serep harus tersedia di mobil.

   


2.Kesehatan Keluarga 

Pastikan semua anggota keluarga menjaga kesehatan sebelum menikmati liburan. Makanlah tepat waktu sehingga tubuh dalam keadaan prima. Hindari makanan  dan minuman yang tidak berisiko menimbulkan  gangguan kesehatan, misalnya makanan pedas, alkohol, atau makanan berminyak. Cukup istirahat pada hari sebelum berangkat, tidak begadang. Bawalah obat-obatan yang diperlukan baik dalam perjalanan maupun di tempat tujuan. Jajan sembarangan atau membeli makanan yang belum pernah dimakan tidak disarankan karena jika kita sakit, liburan bisa berantakan. Seringlah mencuci tangan, dalam perjalanan tangan selalu mudah kotor.



3.Makanan dan  Minuman

Sebaiknya, bawalah bekal saat perjalanan, bisa jadi kita merasa lapar di jalan dan jauh dari tempat menjual makanan. Umumnya, dalam perjalanan, kita cenderung cepat lapar. Penting menjaga perut dalam kondisi kenyang. Banyak minum air putih akan sangat membantu. Pilihlah air kemasan dan hindari  minuman dengan es batu.



4.Barang Bawaan

Bawalah barang bawaan sesuai dengan tujuan wisata. Jika kita merencanakan berenang, naik gunung, atau bermain di pantai, sesuaikan pakaian untuk  kebutuhan itu. Pastikan barang yang Ladies bawa tidak berlebihan, tetapi cukup untuk beberapa hari. Terlalu banyak barang bawaan dalam koper atau tas akan merepotkan saat akan menurunkannya dari kendaraan. Kelengkapan dokumen seperti kartu identitas dan kartu ATM juga penting.


5.Waktu Keberangkatan dan Kepulangan

Jangan lupa carilah informasi tentang jalur yang aman dan nyaman saat kita berkendara. Jika jalan tol tersedia untuk menuju tujuan wisata, alangkah baiknya Ladies ambil jalur tersebut. Namun, pertimbangkan waktu yang tepat untuk berangkat dan pulang. Jangan sampai Ladies salah memperkirakan sehingga justru mengalami kemacetan di jalan tol. Hal ini menyebabkan kelelahan dan kebosanan, apalagi bila kita bepergian dengan anak-anak.


6. Penginapan 

Akomodasi sebaiknya sudah direservasi sebelum berangkat walaupun hanya satu atau dua hari saja. Sering terjadi fasilitas penginapan di tempat berlibur penuh di akhir pekan sehingga kita akan menghabiskan sebagian besar waktu  untuk mencari tempat penginapan. Hasilnya, liburan menjadi terganggu dan kita harus mengeluarkan uang ekstra untuk bensin hanya karena harus mondar-mandir.

Meskipun liburan atau rekreasi adalah waktu bersantai, namun persiapan saksama perlu dilakukan untuk menghindari berbagai masalah yang mengganggu saat liburan. Persiapan matang menentukan kesuksesan liburan, Ladies. Siap liburan akhir pekan?

Related posts

Leave a Comment