7 Manfaat Buah Apel yang Jarang Diketahui

Hai, Smart Ladies!

Siapa yang tidak kenal dengan buah apel? Buah apel mudah ditemui di pasar dan swalayan, Buah ini juga tersedia baik yang import maupun lokal. Daerah penghasil buah apel terdapat di Malang, Jawa Timur.
Buah apel disukai oleh tua dan muda. Selain dikonsumsi sebagai buah, apel juga sering di masukkan dalam menu diet. Berikut manfaat apel bagi kesehatan:

 

1. Merawat Kecantikkan Kulit dan Wajah

Buah apel memiliki banyak manfaat untuk merawat kecantikkan kulit wajah. Campurkan masker apel dengan madu, lalu oleskan pada muka secara merata. Wajah Smart Ladies akan tampak lembap, tidak kusam, tidak berminyak dan berjerawat. Selain itu masker apel juga dapat menyamarkan kerutan dan menyembuhkan peradangan kulit. Untuk menghilangkan kantung mata, cara campurkan dua sendok cuka apel dengan parutan kentang. Parutan kentang yang telah diberi cuka apel tempelkan di bawah mata atau kantung mata.

 

2. Memelihara Kesehatan Mulut

Mengonsumsi buah apel dengan cara digigit dan dikunyah akan menghasilkan air liur sehingga bakteri dalam mulut berkurang.
Kandungan ektin pada apel berkhasiat menetralkan bau makanan.

3. Menjaga Tulang

Sebuah penelitian mengatakan bahwa rajin mengonsumsi buah apel dapat mencegah osteoporosis pada masa tua. Hal ini kerena apel mengandung air dan kalsium yang banyak sehingga dapat merawat tulang.

 

4. Menyehatkan Jantung

Saat mengonsumsi buah apel, kulit buatnya jangan dikupas. Pada kulit apel terkandung senyawa fenolik, yang baik untuk jantung. Selain fenolik buah apel juga kaya fitokimiawi seperti flavonoid dan fenol yang baik untuk kesehatan jantung.

 

5. Menjaga Berat Badan

Kandungan serat yang tinggi pada buah apel menyebabkan rasa kenyang yang lama. Tidak salah jika buah apel sangat cocok bagi yang sedang menjalankan program diet.

 

6. Mencegah Diare dan Sembelit

Kandung serat yang tinggi pada buah apel akan membantu melancarkan sistem pencernaan sehingga jika ada gangguan pencernaan seperti, diare dan sembelit tidak akan terjadi.

 

7. Meningkatkan Daya Ingat

Penelitian membuktikan mengonsumsi buah apel secara rutin akan meningkatkan senyawa yang berhubungan dengan sel, sehingga dapat meningkatkan daya ingat. Jika pada lansia mengonsumsi buah apel akan mengurangi kepikunan, maka pada usia muda buah apel berguna membangun struktur dalam otak yang berguna meningkatkan daya ingat.

 

Tidak salah jika buah apel disukai baik tua dan muda karena enak dan banyak manfaatnya bagi kesehatan. Jika apel impor mahal jangan malu untuk mengonsumsi apel lokal. Buah apel lokal juga tidak kalah enaknya dengan impor. Selamat menikmat dan semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Comment