Fakta Menarik Teh Celup, si Penghangat Favorit kala Pagi

Pagi hari terasa kurang lengkap bila tak menikmati secangkir teh, ya, Smart Ladies. Minuman dari tanaman pegunungan ini sudah menjadi sahabat kita setiap hari. Secangkir teh hangat merupakan mood booster yang mudah dan murah.

Ternyata, terdapat beberapa fakta menarik dari si kantong kecil ini, yang tak hanya bermanfaat, tetapi juga unik. Apa saja fakta menarik tersebut? Dilansir dari @akutahu, berikut ulasannya.


Sejarah Teh Celup

Sumber pexels

Teh celup tercipta secara tak sengaja di awal 1900. Seorang pedagang teh dan kopi asal New York, Thomas Sullivan, membungkus teh dalam kemasan kain sutra berbentuk kecil. Hal ini dimaksudkan untuk menghemat ongkos produksi kemasan kaleng.

Empat tahun kemudian, teh celup mulai diproduksi massal dan dipasarkan secara luas ke seluruh penjuru dunia. Teh celup dikemas dengan dua jenis bahan, yaitu kertas dan plastik.

Kertas yang digunakan adalah jenis kraft berlapis plastik polietilen. Kertas ini tidak mengandung zat klorin atau pemutih sehingga aman. Sedangkan plastik yang dipakai untuk teh celup terbuat dari nilon polietilen ferefltalat (PET) atau asam polilaktat (PLA). Kedua bahan ini sudah melalui pemeriksaan BPOM sehingga terjamin kualitasnya.


Manfaat Lain Teh Celup

Sumbet pexels

Kemasan teh celup memiliki beberapa manfaat lain untuk kecantikan dan kesehatan. Setelah diseduh, kantong teh celup bisa dijadikan kompres mata untuk menghilangkan mata panda. Gunakan teh berbahan organik untuk menghindari kandungan zat kimia.

Sebaiknya, konsumsi teh celup varian black tea atau green tea. Dua jenis teh ini lebih kaya kafein, zat antioksidan, dan tanin. Zat tersebut berkhasiat mengurangi pembengkakan dan peradangan, serta mengencangkan kulit.

Ampas teh di dalam kantong juga bermanfaat sebagai bahan exfoliating alami. Simpan ampas teh celup yang telah diseduh selama 12-24 jam. Buka kantong dan gosokkan ampas teh secara pelan ke muka. Lakukan seminggu 2 kali, wajah akan terasa lembut dan lembap alami.


Tips Menyeduh Teh Celup

Sumber pexels

Gunakan air bersuhu 65-75 derajat celcius untuk jenis white tea dan air bertemperatur 75-85 derajat celcius untuk green tea. Sedangkan untuk black tea, suhu 85-95 derajat celcius dianjurkan agar manfaat yang didapat bisa maksimal.

Sebaiknya, teh celup direndam maksimal 3 menit dan jangan dicelup bolak-balik. Bila direndam terlalu lama, kafeinnya akan semakin tinggi dan rasanya lebih pahit. Teh celup tak perlu diperas agar zat tanin atau rasa pahitnya tidak larut.

Selain praktis dan simpel, ternyata teh celup juga bermanfaat. Namun, jangan berlebihan dalam mengonsumsinya karena bisa menghambat penyerapan mineral yang diperlukan oleh tubuh. Sudah ngeteh pagi ini, Smart Ladies?

Related posts

Leave a Comment