Mengenal EPA dan DHA, Zat Penting untuk Makanan Otak

Hai, Smart Ladies

Pernahkah Smart Ladies mendengar istilah EPA dan DHA? Kandungan yang sering disebut sangat bermanfaat untuk perkembangan otak. Otak sebagai pusat kegiatan manusia memerlukan makanan agar berfungsi secara optimal. Nah, EPA dan DHA ini yang akan masuk ke dalam saraf otak.

DHA

Kepanjangan dari DHA adalah docosahexaenoic acid, yaitu asam lemak yang masuk dalam kelompok Omega-3. DHA selain bagus untuk retina mata, juga membantu kepekaan neuron agar mudah menyampaikan informasi secara tepat dan akurat. DHA adalah makanan untuk bagian kecerdasan otak.

EPA

Kepanjangan dari EPA adalah eicosapentaenoic acid, yaitu salah satu asam lemak Omega-3. EPA biasa disebut “pemurni darah”. EPA membantu mencegah trombosis pada pembuluh darah otak. Hal tersebut terjadi karena adanya prostaglandin yang diproduksi dengan bantuan dari EPA. Prostaglandin bisa mengurangi kolesterol dan trigliserida dalam darah, serta mengurangi viskositas darah.

Tubuh bisa memproduksi EPA dan DHA sendiri. Hal tersebut dapat terjadi saat kita mengonsumsi omega 3, dari situlah dibentuk EPA dan DHA. Omega 3 bisa didapat dari makanan seperti telur, ikan, dan kacang-kacangan.

ANSES—French Food Safety Agency (2010), mengeluarkan anjuran terbaru yaitu untuk total jumlah DHA harian :

  • Anak-anak usia 0-6 bulan: 0,32% dari total asam lemak
  • Anak-anak usia 6-12 bulan: 70 mg/hari
  • Anak-anak usia 1 sampai 3 tahun: 70 mg/hari
  • Anak-anak usia 3-9 tahun: 125 mg/hari
  • Ibu hamil dan menyusui: 250 mg/hari

Sebenarnya, dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari, kita masih memerlukan asupan omega 3 tambahan. Tambahan Omega 3 antara lain bisa didapat dari minyak ikan.

Minyak ikan yang beredar di pasaran biasanya berasal dari ikan makarel, sarden, hiu, salmon, dan ikan cod. Dibanding minyak ikan lainnya, minyak ikan salmon dan makarel lebih populer. Namun, minyak ikan yang mempunyai kandungan EPA dan DHA tinggi adalah minyak ikan cod. Dalam 100g ikan salmon, mengandung 3.25gr omega 3 dan 1.6mg EPA dan DHA. Sedangkan, dalam 100g ikan cod terkandung 2.2gr omega3 dan 3mg EPA dan DHA.

Pic : Pixabay

Minyak ikan kini lebih mudah dikonsumsi karena sudah dikemas dengan praktis dalam sebuah softgel. Rasa amis yang menyebabkan mual pun bisa dihindari. Smart Ladies, sudahkah terpenuhi kebutuhan EPA & DHA untuk keluarga?

Related posts

Leave a Comment