Aneka Olahan Rambutan untuk Makanan Penutup yang Enak dan Sehat

Rambutan adalah buah musiman yang tumbuh di daerah tropis seperti  Indonesia. Buah ini sangat merakyat karena murah dan mudah didapat.

Daging buah rambutan berwarna putih, rasanya manis dan segar. Selain bisa dimakan langsung, ternyata buah ini juga nikmat jika dibuat makanan penutup. Ladies mau tahu olahan makanan penutup  dari buah rambutan? Yuk, kita simak menu-menu berikut ini.


1. Smoothies Rambutan

Rambutan memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi sehingga sangat cocok dibuat smoothies. Caranya mudah, siapkan buah rambutan yang sudah dipisahkan dari bijinya, susu, dan es batu. Tinggal blender semua bahan dan smoothies rambutan sudah siap dihidangkan.
Ladies bisa variasikan dengan buah stroberi atau buah lainnya agar lebih nikmat dan sehat.

Sumber: cookingontheweekends.com


2. Es Buah Rambutan

Cara membuatnya sangat gampang. Campur daging buah rambutan, gula pasir, air, dan es batu. Agar lebih nikmat, Ladies bisa  tambahkan daging kelapa muda  atau buah-buahan lainnya, seperti pepaya atau melon.


3. Puding Rambutan

Ladies suka puding? Tidak ada salahnya kali ini mencoba puding rambutan. Cara buatnya mudah, kok. Siapkan agar-agar, susu cair, dan gula pasir. Masak bahan-bahan tersebut sampai mendidih, tuang dalam wadah cetakan, biarkan hangat-hangat kuku, lalu masukkan daging rambutan yang sudah diiris tipis. Dinginkan di dalam kulkas, sajikan.

Sumber: tokomesin


4. Sorbet Rambutan

Sorbet adalah kudapan manis sejenis es cream. Bedanya adalah sorbet terbuat dari buah-buahan segar  sehingga lebih sehat dan rendah kalori. Cara membuatnya juga mudah. Haluskan daging buah rambutan dengan blender, tambah perasan jeruk lemon. Masukkan ke freezer sampai beku. Setelah beku, haluskan lagi dengan garpu dan bekukan lagi.

Sumber melissas.com


5. Asinan Rambutan

Menu asinan sangat menggugah selera, apalagi yang dibuat dengan buah segar. Cara membuatnya cukup gampang, siapkan buah rambutan, gula pasir, cuka (bisa diganti jeruk atau jeruk limau), garam, dan cabai rawit sesuai selera. Ulek kasar semua bumbu. Campur rambutan, bumbu ulek, dan tambahkan air dingin. Asinan rambutan siap dihidangkan. Hidangan ini paling cocok dinikmati saat cuaca panas.

Sumbe: deketin.com

Bagaimana, Ladies, tertarik mencobanya?, Mumpung lagi musim buah rambutan, nih! Yuk, cuss … langsung eksekusi.

Related posts

Leave a Comment