“Reseller” dan “Dropshipper”, Peluang Bisnis Manis dengan Modal Tipis

Hai, Smart Ladies, Apa Kabar?
Awal tahun adalah saat yang tepat untuk memulai bisnis baru. Semangat dan pasar sama-sama masih bagus dan banyak peluang terbuka lebar.

Sudah menjadi hal yang lumrah pada saat ini melakukan berbagai kegiatan dengan cara daring atau online. Hal ini disebabkan semakin pesatnya perkembangan teknologi sehingga bisa dikatakan bahwa saat ini adalah era digital. Mau tidak mau Smart Ladies, harus mengikuti perkembangan zaman.

Demikian juga jika Smart Ladies ingin membuka bisnis baru, pilihlah yang berhubungan dengan dunia daring, salah satunya adalah toko online. Keunggulan toko online dibandingkan dengan toko offline adalah pada permodalan. Toko pada dunia nyata membutuhkan tempat khusus dan stok barang yang cukup. Sedangkan toko online atau toko di dunia maya hanya membutuhkan perangkat untuk online seperti, handphone atau gawai. Toko online juga lebih menjangkau banyak pembeli dibandingkan dengan toko offline. Pembelinya bisa dari luar kota, luar pulau, bahkan luar negeri.


Lalu, bagaimana jika tidak punya sesuatu yang dijual atau tidak punya modal untuk memulai usaha toko online? Jika kasus Smart Ladies seperti ini, menjadi reseller atau dropshipper adalah pilihan tepat. Reseller adalah orang yang menjual kembali barang yang dibeli secara online. Sedangkan dropshipper adalah orang yang membeli barang untuk orang lain.

Jadi, pembeli dan penerima barang adalah orang yang berbeda. Modal yang digunakan adalah sejumlah uang yang ditransfer pembeli, sehingga Smart Ladies tidak perlu menyediakan dana khusus untuk membeli terlebih dahulu.

Lalu bagaimana langkah-langkah memulai bisnis reseller atau dropshipper? Berikut 5 di antaranya:

1. Mencari Toko Supplier Terpercaya

Smart Ladies perlu jeli meneliti toko yang bisa dipercaya untuk mengirim barang pesanan kepada pembeli. Cara yang mudah untuk mengetahuinya adalah mencari review atau testimoni tentang toko tersebut. Pada platform jual beli online, review semacam ini sudah terdata pada tampilan toko, sehingga mudah untuk melihat kredibelitasnya.


2. Mintalah Real Picture

Dalam online shopping, biasanya barang yang ditampilkan dalam iklan adalah foto khusus untuk keperluan promosi. Terkadang, ada perbedaan pada warna atau detail barang yang tidak difoto. Untuk menyiasati keadaan ini, mintalah foto barang asli, yang dalam bahasa olshop disebut real pic atau foto asli.


3. Mintalah Foto Paket dan Resi Pengiriman Paket


Foto paket diperlukan untuk mengecek kebenaran alamat dan nomor telepon yang ditulis pada paket. Sedangkan resi pengiriman paket berguna untuk mengecek perjalanan paket tersebut dan sebagai bukti bahwa barang benar-benar sudah dikirim.


4. Buatlah Kesepakatan Retur dan Refund

Sebelum melakukan transaksi, pastikan kebijakan toko tentang pengembalian barang (retur) dan pengembalian uang (refund) jika terjadi kesalahan dalam pengiriman.


5. Buatlah Tim dan Sebarkan

Supaya pembeli semakin banyak, Smart Ladies perlu membuat jaringan penjual yang bertugas menyebarkan/memperkenalkan barang yang dijual, di antaranya berupa foto-foto produk.

Foto : Pinterest

Nah, Smart Ladies, menjadi reseller atau dropshipper bisa dilakukan sambil tetap mengerjakan pekerjaan utama sebelumnya. Sebagai reseller atau dropshipper, Smart Ladies tidak perlu repot menyiapkan, mengemas, dan mengirimkan paketnya. Toko sebagai supplier akan melakukannya atas nama Anda. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Sitatur Rohmah

Ibu rumah tangga 4 putra putri yang mulai beranjak remaja. Menulis adalah hobi sekaligus ajang edukasi bagi putra putrinya untuk mencintai dunia literasi.
Sitatur Rohmah

Related posts

Leave a Comment