Berhijab Nyaman dan Anti Gerah Sepanjang Hari

Hallo, Smart Ladies.

Menutup aurat adalah kewajiban setiap muslimah agar lebih terjaga dan terlindungi. Dalam Berhijab, kenyamanan wajib diperhatikan agar lancar ketika menjalani aktivitas. Terlebih jika memasuki musim panas, menggunakan hijab bisa terasa gerah jika tidak bisa menyiasatinya. Ladies, berikut tips berhijab agar tetap nyaman dan tidak gerah sepanjang hari.

Pilih Bahan yang Menyerap Keringat

Memakai hijab tentu tidak akan lepas dari keringat yang keluar secara berlebih terutama, saat musim panas. Keringat berlebih pada kepala akan menyebabkan rambut menjadi kusut dan lembap. Bila dibiarkan terus-menerus, akan timbul masalah, seperti ketombe dan mudah rontok.

Tipsnya agar tidak mengalami hal di atas, selain membutuhkan perawatan rambut, pilihlah bahan hijab yang nyaman dan menyerap keringat.

Pakai Ciput Pendukung

Memakai ciput atau dalaman kerudung sangat penting agar rambut tidak berantakan. Banyak ciput yang bisa dipilih dengan menyesuaikan hijab yang kita pakai.

Model yang simpel seperti bandana bisa menjadi pilihan bijak untuk kita gunakan sehari-hari. Hindari menggunakan ciput ninja karena dapat membuat kepala mudah berkeringat.

Pastikan Rambut Kita Kering Saat Berhijab

Tips berikutnya, sebelum memakai hijab, pastikan dulu rambut kita dalam keadaan benar-benar kering. Hal ini dikarenakan rambut basah dan lembap mengakibatkan kepala semakin terasa gerah, apalagi jika bepergian saat siang hari.

Bukan hanya gerah, memakai hijab saat rambut basah juga menimbulkan kerusakan rambut. Untuk itu, keringkan rambut usai keramas.

Jauhi Paparan Sinar Matahari

Apabila sedang berada di luar ruangan, sebaiknya lindungi kepala dan tubuh kita dari paparan sinar matahari langsung. Sinar matahari langsung bisa mengakibatkan suhu tubuh menjadi cepat naik. Untuk menghindarinya, bisa memakai topi lebar atau payung.

Menggunakan payung atau topi dapat mencegah sinar matahari langsung mengenai kepala, apalagi saat menggunakan hijab yang berbahan tipis. Dengan begitu, kita terhindar dari rasa gerah.

Ikat Rambut Saat Berhijab

Jangan lupa untuk mengikat rambut sebelum memakai kerudung. Menggerai rambut saat berhijab akan membuat kepala terasa gerah. Rambut kita juga akan berantakan. Hal ini menyebabkan rasa tidak nyaman ketika menjalankan aktivitas sehari-hari.

Cari Model Hijab yang Simpel

Model hijab sangat mempengaruhi kenyamanan dalam beraktivitas. Jika tidak ada acara khusus, sangat disarankan untuk memilih model yang simpel dan mudah dipakai. Hijab langsung pakai atau segi empat sangat cocok digunakan untuk aktivitas harian. Jangan lupa menggunakan pakaian yang nyaman dan sesuai dengan kegiatan kita.

Sesuaikan Hijab dengan Aktivitas yang Kita Lakukan

Pintar-pintarlah memilih model hijab yang sesuai dengan kebutuhan. Saat menghadiri acara formal, wajib menyesuaikan dengan pakaian yang kita kenakan. Sedangkan untuk kegiatan di luar ruangan yang cenderung banyak gerak, pakailah model yang simpel, serta mudah dipasang dan dilepas.

Berwudu

Sepadat apa pun aktivitas kita, jangan sampai mengulur waktu salat. Berwudu lima kali sehari bisa merangsang pendinginan suhu tubuh jauh lebih cepat. Namun, jika waktu saat belum tiba dan merasa gerah, Ladies bisa membasuh wajah.

Semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Comment