7 Langkah Mendidik Anak Secara Islami

Hai, Smart Ladies!

Mendidik anak adalah tanggung jawab setiap orang tua. Anak bagai selembar kertas putih yang akan diisi sesuai apa yang ditulis oleh orang tuanya. Orang tua pula yang menjadi madrasah pertama bagi anak-anaknya.Berikut tujuh langkah dalam mendidik anak secara Islami. Mari disimak di bawah ini:


1. Agar Anak Mau Diajak Salat

Ajarkan pada anak untuk salat mulai dari kecil. Biarkan anak ikut-ikutan dalam melakukan salat, tapi nasihati agar tidak mengganggu, melakukan kegaduhan, dan bermain-main. Beri pemahaman apa yang anak miliki, misalnya mainan, jajanan, uang, dan lain-lain adalah nikmat dari Allah dan didapat melalui berdoa dan salat. Sampaikan pada anak bahwa salat adalah ibadah yang wajib dilakukan setiap muslim. Ajak anak untuk melakukan salat berjamaah, karena sebaik-baiknya belajar adalah pembelajaran yang dicontohkan dari orang tuanya.


2. Mengatasi Anak yang Mudah Marah

Beri perhatian agar anak tidak mudah marah. Mungkin kemarahan tersebut karena kurangnya perhatian dari orang tua. Untuk mencegah hal tersebut, kita sebagai orang tua harus memperhatikan tumbuh kembang anak dengan memperbanyak berkomunikasi.


3. Jika Anak Suka Berbicara Kotor

Sebagai orang tua, jangan memberi contoh berkata kotor di depan anak. Jangan marah ketika anak tidak sengaja berkata kotor. Beri peringatan bahwa berkata kotor adalah dosa. Beri rasa aman pada anak pada saat Ladies bertanya dari mana anak mendapatkan perkataan tersebut. Hal ini agar anak mau jujur, dan dapat diawasi pergaulannya.


4. Agar Anak Tidak Kecanduan Game

Mencegah anak bermain game saat ini sangat sulit. Berikan waktu menghentikan permainan game dan dampingi anak selama bermain.

Katakan pada anak “Hanya lima menit saja, ya?” Jangan menyuruh anak menghentikan permainannya secara tiba-tiba, karena hal itu akan membuatnya tidak mau menurut. Bahkan akan membuat anak semakin kecanduan.


5. Jika Anak Terlalu Aktif

Menghadapi anak yang terlalu aktif, dapat memberinya kesibukan kinetik dan perbanyak gerakkan yang positif. Beri tanggung jawab pada anak akan segala kegiatannya.


6. Jika Anak Menggigit Kuku dan Mengisap Jari

Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan anak suka mengisap jari atau menggigit kuku. Bisa jadi karena anak merasa khawatir, takut, gelisah, atau rendah diri. Sebagai orang tua, Ladies perlu memberikan rasa aman dan katakan bahwa semuanya baik-baik saja.


7. Agar Anak Tidak suka Berbohong

Berikan rasa aman pada anak agar ia mau berkata jujur karena anak akan berbohong ketika ia merasa takut atau berada di bawah tekanan. Selain itu tanamkan nilai-nilai kejujuran pada anak.

Mendidik anak adalah kewajiban setiap orang tua. Kita juga harus memahami kondisi anak. Semoga sebagai orang tua Ladies diberi kesabaran dalam mendidik anak. Aamiin… Semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Comment