6 Manfaat Jalan Jinjit untuk Kecantikan Tubuh

Hai, Smart Ladies!

Jalan jinjit atau disebut toe walking mungkin jarang diketahui  manfaatnya. Kalaupun pernah melakukannya, mungkin hanya sekadarnya, tidak teratur dan konsisten. Jika tahu manfaat jalan jinjit tentu kita bersedia melakukannya. Apalagi kegiatan ini berdampak pada kecantikan. Jalan jinjit bisa dilakukan dimana saja, di rumah atau di tempat kerja. Malah, bisa juga dilakukan oleh para ibu sambil mengerjakan pekerjaan di rumah. Olah raga ini sangat sederhana, namun menyimpan banyak manfaat bila dilakukan secara rutin  selama 10 menit tiap hari. Ada pun manfaat dari jalan dengan jinjit adalah sebagai berikut:


1.Mengecilkan Betis Besar 

Bagi sebagian orang, memiliki betis besar sering merasa minder dan tidak percaya diri. Menurut pandangan kita, kaki yang proporsional merupakan lambang keindahan dari seluruh tubuh. Wanita sering merasa tidak sempurna karena mereka kerap dirundung soal betis oleh teman-temannya. Jangan  baper, cobalah olah raga jinjit ini secara rutin. Sebenarnya melakukan olahraga ini tidak memerlukan waktu lama. Melakukannya secara rutin dan bersungguh-sungguh, dalam waktu 1 bulan betis akan lebih kecil dari semula.


2. Melatih Otot-otot Kaki

Memakai high heels membuat otot-otot kaki  menjadi kaku, sehingga  perlu relaksasi agar  tidak tegang. Salah satu cara untuk melemaskan otot kaki adalah dengan berjalan jinjit. Pada awalnya, kaki akan terasa pegal karena belum terbiasa. Lakukan dengan teratur sampai otot menjadi lebih lemas dan lentur, sehingga mengenakan high heels tidak menimbulkan masalah.



3. Mengecilkan Paha

Tidak mudah membentuk bagian paha. Bahkan, banyak orang telah melakukan berbagai cara untuk mengecilkan paha, tapi hasilnya nihil. Jika ingin mengecilkan paha secara efektif,  olahraga jinjit  bisa dicoba setiap hari, minimal 10 menit. Saat melakukan jinjit, otot soleus  dan gastrocnemius akan aktif berkontraksi, sehingga otot kaki terasa tegang dan tertarik. Namun, kita harus tetap menahannya beberapa saat sebab otot pada paha sedang mengencangkan jaringan yang kendur.


4. Membakar Lemak

Selain  untuk mengecilkan betis, berjalan dengan berjinjit dapat membantu membakar lemak pada tubuh. Berjinjit selama kurang lebih 10 menit dalam satu kali jalan, ternyata dapat membantu lemak berkurang. Berjalan  dengan berjinjit selama kurang lebih 10 menit dalam satu kali jalan, ternyata dapat membantu lemak berkurang. Hal ini tentu sangat menyenangkan. Melakukan jalan jinjit, Ladies bisa menurunkan berat badan.



5. Membakar Kalori

Jalan  jinjit juga dapat membakar kalori pada tubuh, sehingga  membantu program diet yang sedang dijalankan. Melalui jalan jinjit  Ladies akan mendapatkan tubuh yang ideal dan diet  akan berhasil.



6. Mengencangkan Pantat

Memiliki pantat yang seksi adalah idaman para wanita. Mereka sering menyiasatinya dengan memakai sepatu high heels. Keinginan tersebut dapat dipenuhi dengan latihan jalan jinjit. Saat melakukan jalan jinjit, otot gluteus maximus yang memiliki peran membentuk pantat menjadi lebih kencang, akan bekerja dengan maksimal.

Memang latihan ini pada awalnya menyebabkan otot betis, paha, dan jari kaki pegal karena belum merupakan kebiasaan. Pertama kali mencoba, kita bisa melakukannya dengan berpegangan pada tembok atau pegangan lainnya. Setelah berkali-kali berlatih, jalan jinjit dapat dengan mudah dilakukan dan otot sudah menjadi lemas. Mulai jalan jinjit, yuk!

Latihan Jinjit
[pixabay.com]

Related posts

Leave a Comment