Obat Herbal yang Mujarab Atasi Asam Lambung

Hallo, Smart Ladies.

Saat asam lambung naik, tubuh pasti akan merasakan mual, mulas, sampai tenggorokan terasa sakit. Kondisi ini pasti mengganggu aktivitas kita. Selain mengkonsumsi obat dokter, nyeri asam lambung juga bisa reda dengan beberapa jenis obat herbal. Yuk, simak.

Teh Herbal

Jika merasa asam lambung mulai naik, coba redakan dengan minum teh herbal. Teh herbal dipercaya bisa membantu memperlancar pencernaan dan pereda mual. Namun perlu diingat, tidak semua teh herbal bisa dikomsumsi, pilihlah teh herbal yang bebas kafein, seperti teh chamonile dan licorice.

Teh licorice atau akar manis sangat bermanfaat untuk meningkatkan lapisan lendir di esofagus agar terlindung dari iritasi akibat asam lambung. Penyajiannya cukup mudah, seduh satu sendok teh herbal ke satu cangkir air panas, lalu diamkan selama 5 sampai 10 menit. Agar mendapatkan hasil maksimal, usahakan minum 2 sampai 4 cangkir teh herbal.

Kunyit

Sejak tahun 1953 sudah dilaporkan bahwa sifat-sifat kunyit dapat menyembuhkan luka. Studi melaporkan, untuk kasus sakit perut akibat tukak lambung setelah 12 minggu pengobatan, 88% pasien yang menerima pil kunyit (3 pil, yang setara dengan 4g) memperlihatkan perbaikan yang signifikan.

Cara memanfaatkannya, ambil kunyit satu ruas jari, cuci bersih, lalu kupas dan parut. Setelah itu, tambahkan air matang dan peras menggunakan kain yang bersih. Air dari perasan tersebut bisa langsung kita minum. Konsumsilah dua kali sehari dan biasakan meminumnya di pagi hari sebelum makan dengan malam sebelum tidur.

Jus

Buah sitrus seperti jeruk, apel, atau nanas tidak dianjurkan untuk penderita asam lambung. Pasalnya, kandungan asam yang ada pada buah-buahan itu dapat menyebabkan asam lambung naik. Namun, bukan berarti kita tidak bisa mengkonsumsi buah apalagi minum jus.

Sebelum membuat jus, ada baiknya memilih buah atau sayur yang kandungan asamnya rendah seperti wortel, mentimun, bayam, atau lidah buaya. Selain itu, kita bisa membuat minuman segar dari buah yang aman untuk penderita asam lambung seperti, semangka, pir dan bit.

Kacang Hijau

Kacang hijau sangat bermanfaat untuk mengobati sakit mag karena mampu menebalkan lapisan lambung. Selain itu, kacang hijau juga bisa menetralkan kadar asam yang berlebih pada lambung. Caranya, cukup kita konsumsi bubur kacang hijau tanpa santan. Usahakan waktu memasaknya jangan terlalu lama dan makannya pun harus secara rutin pagi dan sore hari.

Air Kelapa

Sumber gambar PINTERETS

Air kelapa bisa menjadi salah satu minuman yang baik dikomsumsi untuk penderita asam lambung, karena mengandung kalium yang berguna untuk menjaga keseimbangan pH tubuh. Dengan begitu, kadar asam menjadi lebih gampang dikendalikan dan mengurangi refluks asam lambung.

Kencur

Kencur merupakan salah satu obat herbal yang juga berguna mengatasi asam lambung. Caranya cukup mudah, siapkan kencur yang sudah dicuci bersih, dan langsung kunyah sampai halus dengan sedikit garam. Jika sudah halus, bisa kita telan, lalu minum air hangat untuk menghilangkan rasa yang melekat di tenggorokan. Lakukan cara ini satu hari 3kali secara rutin.

Ladies bisa mencoba cara di atas ketika asam lambung mulai kambuh. Kalau sangat sering mengalaminya, jangan pernah ragu untuk mencari tenaga medis yang profesional. Semoga bermanfaat!

Related posts

Leave a Comment