English Camp, Kegiatan Tahunan yang Selalu Dinantikan

Perkebunan Teh [pixabay.com]

Kegiatan tahunan bertajuk English Camp SD Islam Al Azhar 13 Rawamangun kembali dilaksanakan pada tanggal 13-15 Oktober 2018 lalu di Royal Safari Garden Hotel and Resort, yang diikuti oleh 183 anak. Siswa siswi yang mengikuti terdiri dari 99 anak kelas empat, 52 anak kelas lima, dan 32 anak kelas enam.

Selain didampingi oleh perwakilan guru dari masing-masing angkatan, English Camp tahun ini juga didampingi oleh perwakilan National English Centre (NEC) sebagai Event Organizer yang terdiri dari dua Steering Committees dan 17 orang tutor.  Steering Committee adalah panitia atau pengarah yang ditunjuk untuk memberikan pengarahan kepada timnya. Tutor adalah pembimbing untuk masing-masing kelompok yang terdiri dari 10-12 anak. Selain itu dilibatkan pula dua orang native speakers yang berasal dari negara tertentu.


Tujuan diadakannya kegiatan English Camp ini menurut Erma Permatasari S.Pd selaku koordinator untuk belajar dan  melatih ketrampilan berbicara  bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari, sebagai penyegaran seusai Penilaian Tengah Semester, sambil menikmati lingkungan alam yang sejuk di daerah puncak. Menurut NEC, English Camp menggabungkan pelatihan bahasa Inggris, character building, dan team working dengan 3 kata kunci yaitu fun, fluent dan friendly.

Fun mengacu pada suasana pelatihan yang menyenangkan. Peserta mengikuti games, energizer, ice breaking and exercises dari awal hingga selesai acara. Fluent adalah salah satu target pelatihan,  yaitu meningkatkan percaya diri peserta untuk berbicara dalam bahasa Inggris tanpa takut salah dalam grammar,  spelling dan diction. Friendly adalah sikap para mentor, fasilitator, dan native speaker yang penuh kekeluargaan dan perhatian selama pelatihan berlangsung.


Pada hari pertama  Englìsh Camp, kegiatan setelah  makan siang dan salat Zuhur berjamaah adalah Fun English. Di sini anak-anak menggambar dengan jari atau finger painting di selembar kertas gambar yang lebar. Hasilnya dikumpulkan per grup dan akan diseleksi. Pengumuman dan penyerahan hadiah kepada grup yang mendapatkan juara satu, sampai tiga dilakukan pada saat penutupan acara di malam terakhir kegiatan English Camp.


Kegiatan hari ke dua, dari pagi hingga siang lebih banyak dilakukan di dalam ruangan. Pada sore hari, anak-anak dapat menyaksikan acara animal show  dan berenang. Pada malam hari, kegiatan ditutup dengan penampilan masing-masing kelompok atau  EC Got Talent dan pengumuman kelompok yang mendapatkan penghargaan dari beberapa kegiatan sebelumnya. Di hari terakhir, anak-anak menghabiskan waktu dengan berkunjung ke  Jungle Land, Sentul  untuk kemudian dijemput oleh orang tua pada siang hari.

Memetik Manfaat English Camp


Banyak manfaat yang dapat diperoleh dari kegiatan English Camp ini. Menurut salah satu orang tua murid kelas empat, Ibu Nina Shazia, dengan mengikuti kegiatan ini anak-anak memperoleh manfaat sebagai berikut :


1. Melatih kemampuan anak-anak dalam percakapan bahasa Inggris karena diharuskan berbicara bahasa Inggris selama tiga hari.
2. Belajar mandiri karena menginap dua malam tiga hari tanpa ditemani orang tua.
3. Belajar beradaptasi dengan teman-teman yang lain diluar teman dekatnya .
4. Belajar berbicara di depan umum. 
5. Belajar berinteraksi dengan orang lain yang kurang akrab atau kurang dekat.
6. Untuk penyegaran kembali usai mengikuti Penilaian Tengah Semester dan jadwal belajar yang padat 

Related posts

Leave a Comment